Protein, Penting dan Sumbernya

Protein, Penting dan Sumbernya



Fungsi utama protein adalah membentuk semua sel dan jaringan tubuh. Tapi di samping itu, protein juga punya manfaat lain yaitu membantu meningkatkan proses metabolisme termasuk pembakaran lemak.

Protein yang Anda makan (dan protein yang ada dalam tubuh Anda) semua terdiri dari unit-unit kecil, yang disebut asam amino. Asam amino digambarkan sebagai "blok bangunan" karena unit-unit individu kecil dirakit dalam berbagai cara untuk membangun protein.

Tidak semua protein yang terkandung dalam makanan adalah sama. Urutan asam amino yang diciptakan dari putih telur jauh berbeda dari susunan asam amino yang diciptakan dari segelas susu.

Sebagai contoh, ketika Anda makan susu atau yogurt, maka kandungan didalamnya adalah protein yang disebut kasein dan whey protein. Ketika Kita makan daging, ikan atau unggas, Kita akan makan  protein yang disebut kolagen dan myosin. Kacang memiliki protein yang disebut legumins, dan telur mengandung sejumlah protein yang berbeda, termasuk satu yang disebut avidin dan satu disebut ovalbumin.

Baca juga: Kalori Makanan Harian!

Masing-masing protein ini unik karena terdiri dari urutan yang unik dari asam amino. Dan sekali protein dicerna serta diserap, asam amino tersebut kemudian dapat digunakan sebagai blok bangunan untuk protein dalam tubuh Kita.

Berikut beberapa makanan penting penghasil protein tinggi

Daging. Dalam 100 gram daging sapi mengandung 14 gram protein sedangkan dalam 100 gram daging kambing terdapat 27 gram kandungan protein.

Ayam tanpa kulit. Protein tinggi pada daging ayam terletak pada bagian dada. Untuk penyajiannya usahakan  tidak digoreng karena akan mengandung banyak lemak. Anda bisa membuatnya menjadi sup dengan ditambah sayur-sayuran segar.

Putih Telur. Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya memilih putih telur karena bebas lemak dan bebas kolesterol. Sedangkan Kuning telur mengandung lemak jenuh dan kolesterol oleh sebab itu mengkonsumsi telur terutama kuning telur tidak boleh berlebihan. Walapun kuning telur mengandung kolesterol tetapi juga menyediakan zat besi dan vitamin D yang sangat baik untuk tulang.

Baca juga: Alpukat Bisa Turunkan Berat Badan?

Susu. Secangkir susu skim menyediakan 8 gram protein. Selain protein susu juga menyediakan kalsium yang cukup tinggi. kalsium merupakan jenis mineral penting untuk mempertahankan kepadatan tulang. And dapat menyajikan segelas susu untuk sarapan dengan ditambahkan keju rendah lemak dengan biji bunga matahari dan buah stroberi untuk camilan sehat yang tinggi protein.

Ikan laut. Berbagai jenis Ikan menyediakan protein hewani yang berkualitas tinggi. Satu porsi 3 ons ikan tuna mengandung 22 gram protein, sedangkan ikan salmon mengandung 19 gram protein dalam 3 ons. Jenis Ikan laut umumnya mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung, selain itu ikan memiliki kandungan lemak dan kolesterol lebih rendah jika dibandingkan dengan daging sapi ataupun daging kambing.

Kepiting.  Kepiting merupakan makanan sumber vitamin dan mineral penting, rendah lemak dan memiliki sedikit kalori. Kepiting juga mengandung asam lemak esensial termasuk zat besi, seng, kalium, magnesium kalsium dan fosfor. Walaupun kepiting mengandung  banyak nutrisi penting akan tetapi anda juga harus berhatai-hati dalam mengkonsumsi makanan yang satu ini karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Tahu.  Tahu merupakan salah satu makanan yang mengandung protein cukup baik per 4 ons tahu mengandung sekitar 10 gram protein.

Jamur. Jamur mengandung aneka mineral penting seperti besi, selenium, kalium, fosfor, riboflavin, asam pantotenat, tembaga, dan seng. Selain itu jamur juga rendah kalori sehingga sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai macam makanan seperti sup jamur atau tumis jamur.

Ikan lele. Dalam satu porsi ikan lele, mengandung setidaknya 15,6 gram protein yang dapat memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda.

Kacang almound. Dalam 100 gram kacang almound mengandung 22 gram protein.

Buah Apel , 2 buah apel berukuran sedang menagndung sekitar 0,60 gram protein. dan jika didiris  menghasilkan 0,30 gram protein.

Buah Manggis.  0,5 gram protein per 100 gram. 1 cangkir buah manggis mengandung sekitar 0,89 protein.

Buah pisang. Buah pisang mengandung 4 gram protein per 100 gram.

Blueberry . 1 mangkuk blueberry mengandung  1.10 gram protein.

Buncis. Kacang-kacangan termasuk kacang polong, lentil dan kacang-kacangan seperti Pinto, garbanzo, putih, ginjal dan kacang kedelai, semuanya dikemas dengan protein. selain protein Kacang juga kaya akan kandungan sarat.

Buah Jambu mengandung 3 gram protein. Selain protein buah jambu juga mengandung kalsium dan jumlah tinggi vitamin C.

Buah Alpukat. Buah alpukat menyediakan 5 gram protein per 8 ons.

Asparagus. Setengah cangkir asparagus mengandung 2 gram protein.

Kembang kol. Mengandung 3gm protein per porsi.

Buah kurma. Dalam 100 gram buah kurma memberikan Anda 2,50 gram protein.

Brokoli. Brokoli diketahui mengandung rendah lemak, tinggi protein dan mengandung nutrisi penting seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C zat besi dan serat makanan. ½ cangkir brokoli memberikan sekitar 2 gram protein.

Kecambah. Kecambah mengandung vitamin, mineral, serat dan protein. Kecambah juga mengandung beberapa senyawa organik yang memiliki sifat anti-kanker.

Jagung manis. Per porsi jagung manis mengandung 3 mg protein. Jagung manis merupakan sumber antioksidan dan mengandung jumlah yang cukup Vitamin B kompleks seperti tiamin, niasin, folat, pantotenat dan asam.

Demikian tentang Protein, Penting dan Sumbernya. Baca juga Lemak Bukan Musuh.


Scroll to top