Makan Pengganti Nasi Untuk Diet yang Lebih Sehat dan Kaya Nutrisi

Makan Pengganti Nasi Untuk Diet yang Lebih Sehat dan Kaya Nutrisi




Bagi seseorang yang sedang diet, tetap disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat karena menjadi sumber energi utama tubuh. Apabila tidak ingin mengkonsumsi nasi karena kadar glikemiknya tinggi, maka bisa mengganti dengan sumber karbohidrat lain. Oleh karena itu, penting untuk tahu apa saja makan pengganti nasi untuk diet sebagai sumber karbohidrat pengganti.

Jangan bingung karena kini ada banyak alternatif karbohidrat yang bisa dijadikan makanan pengganti nasi. Makanan tersebut tentu saja cocok bagi siapa saja yang sedang menjalankan diet. Yuk, simak apa saja makan pengganti nasi untuk diet di bawah ini:

1. Oat

Bagi yang sedang diet, gandum utuh ini tentunya sangat umum dikonsumsi. Pasalnya, meskipun mengandung karbohidrat, oat bisa membuat siapapun yang mengkonsumsinya membuat tubuh kenyang lebih lama karena mengandung banyak serat.

Selain itu, oat juga kaya akan nutrisi yang berguna untuk bagi tubuh, seperti zinc, vitamin b1, dan fosfor. Kandungan riboflavin pada oat juga berguna untuk mengubah energi yang diperoleh dari karbohidrat sehingga membentuk sel darah merah yang mendukung pertumbuhan.

2. Shirataki

Makanan diet pengganti nasi ini terbuat dari akar tanaman konjac dan diolah dalam bentuk yang beragam. Misalnya, mulai dari mie, bihun, dan juga nasi. Sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi di Jepang ini hanya mengandung kalori 85 gr tiap porsinya. Cara memasaknya pun mudah, yaitu dengan merebusnya selama 2 menit saja.

3. Kentang

Dibandingkan dengan nasi putih, kalori pada kentang jauh lebih rendah, yaitu 74 kcal. Umbi-umbian yang mengandung karbohidrat ini juga memiliki banyak nutrisi, seperti vitamin B1, B6, B9, dab C. Selain itu, kentang juga tinggi serat sehingga baik untuk sistem pencernaan. Pengolahannya pun mudah dan bisa dijadikan apa saja, mulai dari dikukus, direbus, dipanggang, maupun digoreng.

4. Quinoa

Makan pengganti nasi untuk diet selanjutnya yaitu biji-bijian bebas gluten, yang bernama quinoa. Keistimewaannya, quinoa memiliki jumlah protein 2 kali lebih tinggi daripada nasi putih. Selain mengandung asam amino esensial yang bagus untuk tubuh, quinoa juga mudah dimasak.

Campurkan air dan quinoa kering, masak dengan api kecil hingga mendidih, sampai semua airnya terserap. Jika sudah matang, diamkan kurang lebih 5 menit terlebih dahulu. Jika menyukai tekstur yang lembut, quinoa bisa dihaluskan lebih dahulu sebelum dihidangkan dengan lauk pendamping.

5. Kembang kol

Jika dulu kembang kol hanya diolah menjadi lauk, kini sayuran berwarna putih ini kerap dijadikan pengganti nasi. Pasalnya, kembang kol mengandung karbohidrat dan kadarnya jauh lebih rendah daripada nasi, yaitu 12 kkal untuk 1 cangkir kembang kol. Cara memasaknya mudah, yaitu dengan memotong bagian bunganya, lalu diparut. Parutan tersebut kemudian dikukus dan siap untuk dihidangkan.

6. Jagung

Bagi yang sedang diet, makanan pengganti nasi yang mudah ditemukan adalah jagung. Dalam 100 gr biji jagung mengandung 86 kalori, kaya akan protein dan juga vitamin A, C, serta B6. Serat yang ada pada jagung juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bagi yang sedang diet, jagung bisa dikonsumsi dalam bentuk jagung itu sendiri, nasi jagung, atau tepung.

7. Couscous

Jenis biji-bijian lain yang bisa dikonsumsi saat diet sebagai alternatif nasi adalah couscous. Kandungan karbohidratnya rendah namun kaya akan serat, kalsium, dan juga protein. Cara mengolahnya mudah, yaitu dengan merebusnya dalam air mendidih lalu dinginkan. Couscous bisa disajikan dengan sayuran, daging, maupun buah kering.

Itulah ulasan yang menarik tentang 7 makan pengganti nasi untuk diet. Semua makanan alternatif tersebut dapat dikonsumsi agar tubuh tetap mendapat asupan karbohidrat. Agar tidak bosan, semua sumber karbohidrat tersebut bisa dikonsumsi secara bergantian tiap harinya.



Scroll to top