Langsung ke konten utama

Makan Pengganti Nasi Untuk Diet yang Lebih Sehat dan Kaya Nutrisi


Bagi seseorang yang sedang diet, tetap disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat karena menjadi sumber energi utama tubuh. Apabila tidak ingin mengkonsumsi nasi karena kadar glikemiknya tinggi, maka bisa mengganti dengan sumber karbohidrat lain. Oleh karena itu, penting untuk tahu apa saja makan pengganti nasi untuk diet sebagai sumber karbohidrat pengganti.

Jangan bingung karena kini ada banyak alternatif karbohidrat yang bisa dijadikan makanan pengganti nasi. Makanan tersebut tentu saja cocok bagi siapa saja yang sedang menjalankan diet. Yuk, simak apa saja makan pengganti nasi untuk diet di bawah ini:

1. Oat

Bagi yang sedang diet, gandum utuh ini tentunya sangat umum dikonsumsi. Pasalnya, meskipun mengandung karbohidrat, oat bisa membuat siapapun yang mengkonsumsinya membuat tubuh kenyang lebih lama karena mengandung banyak serat.

Selain itu, oat juga kaya akan nutrisi yang berguna untuk bagi tubuh, seperti zinc, vitamin b1, dan fosfor. Kandungan riboflavin pada oat juga berguna untuk mengubah energi yang diperoleh dari karbohidrat sehingga membentuk sel darah merah yang mendukung pertumbuhan.

2. Shirataki

Makanan diet pengganti nasi ini terbuat dari akar tanaman konjac dan diolah dalam bentuk yang beragam. Misalnya, mulai dari mie, bihun, dan juga nasi. Sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi di Jepang ini hanya mengandung kalori 85 gr tiap porsinya. Cara memasaknya pun mudah, yaitu dengan merebusnya selama 2 menit saja.

3. Kentang

Dibandingkan dengan nasi putih, kalori pada kentang jauh lebih rendah, yaitu 74 kcal. Umbi-umbian yang mengandung karbohidrat ini juga memiliki banyak nutrisi, seperti vitamin B1, B6, B9, dab C. Selain itu, kentang juga tinggi serat sehingga baik untuk sistem pencernaan. Pengolahannya pun mudah dan bisa dijadikan apa saja, mulai dari dikukus, direbus, dipanggang, maupun digoreng.

4. Quinoa

Makan pengganti nasi untuk diet selanjutnya yaitu biji-bijian bebas gluten, yang bernama quinoa. Keistimewaannya, quinoa memiliki jumlah protein 2 kali lebih tinggi daripada nasi putih. Selain mengandung asam amino esensial yang bagus untuk tubuh, quinoa juga mudah dimasak.

Campurkan air dan quinoa kering, masak dengan api kecil hingga mendidih, sampai semua airnya terserap. Jika sudah matang, diamkan kurang lebih 5 menit terlebih dahulu. Jika menyukai tekstur yang lembut, quinoa bisa dihaluskan lebih dahulu sebelum dihidangkan dengan lauk pendamping.

5. Kembang kol

Jika dulu kembang kol hanya diolah menjadi lauk, kini sayuran berwarna putih ini kerap dijadikan pengganti nasi. Pasalnya, kembang kol mengandung karbohidrat dan kadarnya jauh lebih rendah daripada nasi, yaitu 12 kkal untuk 1 cangkir kembang kol. Cara memasaknya mudah, yaitu dengan memotong bagian bunganya, lalu diparut. Parutan tersebut kemudian dikukus dan siap untuk dihidangkan.

6. Jagung

Bagi yang sedang diet, makanan pengganti nasi yang mudah ditemukan adalah jagung. Dalam 100 gr biji jagung mengandung 86 kalori, kaya akan protein dan juga vitamin A, C, serta B6. Serat yang ada pada jagung juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bagi yang sedang diet, jagung bisa dikonsumsi dalam bentuk jagung itu sendiri, nasi jagung, atau tepung.

7. Couscous

Jenis biji-bijian lain yang bisa dikonsumsi saat diet sebagai alternatif nasi adalah couscous. Kandungan karbohidratnya rendah namun kaya akan serat, kalsium, dan juga protein. Cara mengolahnya mudah, yaitu dengan merebusnya dalam air mendidih lalu dinginkan. Couscous bisa disajikan dengan sayuran, daging, maupun buah kering.

Itulah ulasan yang menarik tentang 7 makan pengganti nasi untuk diet. Semua makanan alternatif tersebut dapat dikonsumsi agar tubuh tetap mendapat asupan karbohidrat. Agar tidak bosan, semua sumber karbohidrat tersebut bisa dikonsumsi secara bergantian tiap harinya.


Postingan populer dari blog ini

Manfaat Produk NiteWorks Herbalife

Produk NiteWork adalah salah satu produk yang paling dinanti-nanti oleh para konsumen dan distributor Herbalife Indonesia. Dulunya produk ini hanya bisa didapatkan di Malaysia, Singapura dan negara-negara lainnya. Kini NiteWorks hadir di Indonesia. Bayangkan, baru soft launching stok produk NiteWorks tiba-tiba sudah back order. Tapi saat ini sudah ada lagi... Launching produk ini sendiri di Indonesia akan diadakan pada bulan oktober 2015 dengan menghadirkan langsung Dokter penemunya. Produk ini ditemukan oleh Dr. Louis Ignarro, P.hD dan menjadi produk unggulan Herbalife setelah Shake Herbalife. Dr. Louis Iqnarro, P.hD telah berkontribusi pada ilmu pengetahuan yang luar biasa. Usahanya dihargai dengan peraihan pemenang hadiah Nobel dalam Psikologi dan Kedokteran tahun 1998 akan penemuan Nitric Oxide dan manfaatnya untuk tubuh manusia. Hasil kerjanya merupakan pencerahan dalam ilmu pengetahuan untuk para peneliti diseluruh dunia. Dia bekerja bersama Herbalife untuk mengembangkan prod

Thermo Tea, Teh Pembakar Lemak Herbalife

Thermo Tea, Teh Pembakar Lemak Herbalife  - Meski olahraga adalah sesuatu yang penting, namun bagi sebagian orang, diet ditambah olahraga akan membuat mereka merasa susah sendiri. Tapi tidak Anda tidak perlu khawatir, Herbalife punya solusi tepat untuk Anda yang malas berolahraga tapi tetap ingin turun berat badan. Teh pembakar lemak dari Hebalife ingin sudah sangat terbukti khasiatnya. Saya sendiri sangat menyukai teh ini. Herbal Tea Concentrate atau yang dikenal dengan sebutan Thermo Tea dari Herbalife ini merupakan  minuman dari daun teh hijau yang kaya antioksidan dan bisa mempercepat metabolisme tubuh Anda. Diracik dengan ramuan kuno yang diolah dan dikemas kembali secara modern Teh pembakar lemak ini juga biasa disebut dengan “aerobic dalam botol” bisa membantu membakar bagi orang-orang yang malas ataupun tidak sempat berolah raga. Fungsi teh ini sangat erat dengan Cell-U-Loss (tablet nutrisi pembakar selulit) yang bersama-sama membakar asam lemak dalam pembuluh darah menja

NRG Tea Herbalife, Manfaat dan Kelebihan Dari NRG Tea Herbalife

Anda suka menikmati teh? Anda perlu coba teh yang satu ini, karena selain nikmat dan menyegarkan juga menyehatkan tubuh.  Yups, teh dari herbalife Narute’s Raw Guarana Herbalife yang popular juga disebut sebagai NRG Tea Herbalife. Yuk kupas habis seputar NRG Tea Herbalife  serta manfaat dan kelebihan dari NRG Tea Herbalife. NRG Tea Herbalife merupakan salah satu produk keluaran dari Herbalife yang sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat. NRG Tea Herbalife terbuat dari teh bernama Guarana yang tumbuh asli di Amerika Selatan. Guarana ini telah banyak dimanfaatkan oleh Amazon India selama berabad-abad. Nah, daun bermanfaat tersebut kini telah terkemas rapi dan higienis dalam NRG Tea Herbalife atau sering juga disebut dengan teh Herbalife, karena memang cara penyajiannya layaknya teh seperti yang sering kita konsumsi. Produk NRG Tea Herbalife memiliki banyak manfaat yakni membantu meningkatkan stamina, membantu meningkatkan energi, meningkatkan daya pikir serta konsentrasi. Sela