Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kalori Makanan Harian

Saat rasa lapar muncul, terkadang kita tak ambil pusing dalam memilih makanan. Tak peduli makanan tinggi minyak, lemak, gula, dan garam  pun jadi sasaran. Ditambah lagi asupan semacam ini paling mudah didapatkan di sekitar kita. 

Tak hanya itu, cemilan-cemilan sejenis pun tak luput dari santapan. Pada sebagian mereka yang sudah sadar nutrisi tubuh hal ini disebut dengan makan “asal kenyang”, akibatnya kalori terus tertimbun dalam tubuh yang akhirnya berubah menjadi tumpukan lemak.

Sebenarnya, tubuh kita tidak perlu asupan seperti itu. Karena makanan utama sehari-hari seperti nasi, sayur, lauk, dan buah sudah cukup berkalori untuk memenuhi kebutuhan energi, tanpa harus menambahnya dengan segala camilan bergula, garam, dan lemak tinggi.

Baca juga: Bertambah Gemuk Dengan Label Fat Free

Berikut kami uraian kandungan kalori dalam hidangan sehari-hari, sebanyak satu kali makan, jika 2 kali makan tinggal dikalikan saja...
  • Nasi putih, per 100 gram 
Dalam satu gram karbohidrat terdapat empat gram kalori. Jadi kalau makan nasi 100 gram, tubuh sudah mendapatkan 400 kalori.
  • Sayur, 100 gram
Contohnya adalah bayam, kangkung, daun singkong, labu siam, dan segala jenis sayuran hijau lainnya. Sayur memenuhi kebutuhan 50 kalori sehari-hari. Porsi ini dihitung dalam kondisi sudah matang, jadi kandungan airnya sudah banyak. Setara satu gelas kecil tanpa kuah,” tutur Ati.
  • Lauk, satu potong daging (40 gram) atau satu potong tempe (50 gram)      
Dalam satu potong tempe 50 gram terkandung 40 kalori, bila dua potong maka tubuh mengasup 80 kalori. Sedangkan dalam satu potong daging sapi 40 gram terkandung 95 kalori. Jumlah ini (95 kalori) sama dengan satu potong ayam, satu potong ikan segar seberat 50 gram, tiga sendok makan ikan teri seberat 25 gram, atau 10 butir bakso seberat 100 gram. Jumlah yang sama juga terdapat pada satu butir telur ayam negeri atau bebek seberat 60 gram.
  • Buah, dua butir jeruk (100 gram)  
Buah memberi asupan 40-80 kalori untuk kebutuhan energi sehari-hari, yang bergantung pada banyaknya kandungan air di dalamnya. Semakin banyak kandungan air, maka kalori dalam buah semakin sedikit. Ati mengatakan, dua  butir jeruk setara 100 gram mengandung 40 kalori. Kandungan kalori yang sama juga didapati dari setengah potong apel seberat 75 gram.

Secara keseluruhan seseorang bisa mengasup 400-600 kalori per sekali makan. Dengan asumsi wanita butuh 1.250 kalori per hari, dan pria butuh 1.800 kalori per hari, maka nyaris tidak ada lagi kebutuhan kalori yang harus dipenuhi dari segala jenis camilan. Kandungan nutrisi pada nasi, sayur, lauk, dan buah, sudah sangat mencukupi kebutuhan tubuh setiap harinya.


Karena itu, disarankan makan teratur setiap hari untuk tubuh yang lebih sehat. Sangat direkomendasikan untuk tidak skip atau melewatkan makan siang dengan alasan apapun, karena akan menyebabkan lapar mata. Kalau sudah begitu kita akan makan sekantong keripik yang mengandung kalori sama dengan satu porsi nasi dengan nutrisi yang sangat minim. Padahal sekantong keripik tidak membuat kenyang.

Demikian Kalori Makanan Harian. Perhatikan juga Kalori Dalam Buah. Agar apapun yang kita masukkan ketubuh bisa kita pilah dan pilih demi kesehatan tubuh jangka panjang.

Posting Komentar untuk "Kalori Makanan Harian"