Ini Dia Kebiasaan Yang Wajib Anda Lakukan Saat Program Diet

Ini Dia Kebiasaan Yang Wajib Anda Lakukan Saat Program Diet



Awal memulai program diet adalah awal kesiapan kita untuk memulai pola hidup dan pola makan yang sehat. Banyak orang yang gagal melakukan diet hanya karena tergiur hasil instan. Padalah tubuh mereka tidak siap dengan segala perubahan pola hidup yang harus dijalani. Maka diet sehat adalah lifestyle atau habit atau pembiasaan diri akan hidup dan pola makan sehat.

Berikut beberapa kebiasaan sehat yang wajib Anda perhatikan dan lakukan baik-baik saat memulai program diet sehat Anda;

1. Jangan Pernah Lewatkan Sarapan

Tidak perlu banyak, sarapanlah dengan jumlah kalori yang minim dengan nutrisi yang terpenuhi. Maksimal untuk sarapan cukup 200 kalori saja. Anda bisa juga mengganti sarapan Anda dengan suplemen makanan jika tidak ingin repot dipagi hari. Hal ini untuk mengisi kembali energi tubuh setelah bangun tidur. Selain memberi energi di pagi hari, sarapan juga mencegah Anda makan secara berlebihan di siang harinya.

2. Jauhi makanan berkalori tinggi

Ini harus benar-benar serius Anda perhatikan jika Anda serius ingin mendapatkan tubuh langsing dan sehat selamanya. Hindari kemiasaan ngemil makanan manis dan berkalori tinggi. Lebih baik mengganti camilan manis yang biasa Anda makan dengan makanan yang kalorinya rendah, misalnya buah dan kacang-kacangan. Selain mengenyangkan, kandungan vitamin, mineral dan serat pada buah juga baik untuk kesehatan. Batasi konsumsi karbohidrat, dan perbanyak porsi sayuran serta protein pada menu makan utama Anda.

3. Makan teratur

Untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan juga untuk mencegah timbulnya rasa lapar yang berlebihan di waktu-waktu tertentu. Atur waktu makan Anda. Cukup makan nasi 3 kali sehari dalam porsi kecil. Sedang waktu-waktu di antara jadwal makan dapat Anda selingi dengan konsumsi buah.

4. Makan dalam porsi kecil dan perlahan

Saat makan, coba bagi makanan Anda menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Makan secara perlahan setiap bagian makanan di piring Anda. Otak membutuhkan waktu 20 menit untuk merasakan kenyang. Dengan makan secara perlahan, Anda akan merasa cepat kenyang meskipun porsi yang Anda makanan lebih sedikit dari biasanya. Usahakan untuk mengunyah sehalus mungkin setiap makanan yang Anda makan.

Lanjutkan baca; Ini Dia Kebiasaan Yang Wajib Anda Lakukan Saat Program Diet 2


Scroll to top