Mengapa Makan Buah dan Sayur Saja Bukan Cara Yang Tepat Untuk Ber-Diet

Mengapa Makan Buah dan Sayur Saja Bukan Cara Yang Tepat Untuk Ber-Diet



Sebagian besar orang yang ditanya tentang cara diet, akan menjawab: Makan banyak buah, sayur, kurangi nasi, dan banyak olahraga! Beberapa malah mengatakan minum obat diet, gak makan dsb. 

Dari jawaban tersebut, kembali muncul pertanyanya, apa benar bisa seperti itu? Kalau memang benar kok banyak orang yang gak sukses ber-diet dengan cara itu? Hari ini kita akan membahasnya dan ini mungkin akan menjadi pengetahuan paling penting untuk anda saat berusaha menurunkan berat badan.

Baik, sekrang perhatikan gambar dibawah ini:



  • Kita lihat bagian paling atas. Badan anda terdiri dari 3 bagian: Otot, Air dan Lemak.
  • Bagian tengah adalah Turun Berat Badan Yang TIDAK SEHAT. Ini biasanya dilakukan orang yang tidak makan, atau hanya makan buah / sayur atau makan oat (havermut), nasi merah, makan roti gandum atau bahkan gak makan atau nahan laper, dll. Seperti yang kita tahu (atau anda mungkin belum tahu, buah, sayur, oat, roti gandum, nasi merah adalah Karbohidrat.
Nah makanan Otot badan anda adalah Protein. Otot anda membutuhkan protein untuk mempertahankan massa ototnya. Saat anda hanya makan karbohidrat, otot dibadan anda akan mengkerut atau berkurang massanya karena otot anda tidak mendapatkan kebutuhan protein yang tepat. Dan ini berbahaya. Yang akan kelihatan dari luar adalah muka jadi tirus, kulit jadi kering dan keriput atau tidak kencang. Yang lebih bahaya adalah apa yang terjadi di bagian organ di dalam badan Anda.

Anda mungkin akan senang setelah makan buah dan sayur selama 2-3 minggu, anda akan turun 1-2 atau bahkan 3 Kg. Yang anda tidak tahu adalah: YANG BERKURANG BUKAN LEMAK ANDA, YANG BERKURANG ADALAH OTOT ANDA KARENA OTOT ANDA KEKURANGAN PROTEIN. Baca: Protein, Penting dan Sumbernya.

Salah satu fungsi protein dibadan anda adalah untuk imunitas tubuh atau kekebalan tubuh, dan metabolisme. Jadi saat anda dietnya cuman makan buah dan sayur, biasanya anda akan punya imunitas tubuh yg rendah. Anda jadi gampang sakit seperti flu, masuk angin, gampang cape, lemas dll. Yang terburuk kalo anda sakit dan pergi ke dokter. lalu dokter tanya: "Kamu kenapa??" Lalu anda bilang "Lagi diet dok"

Saat itu dokter anda pasti akan mengatakan: "Aduuuuh.. udah ga usah diet-diet sana makan aja kayak biasa sama olahraga" (soalnya dokter juga biasanya gak tahu cara diet yang sehat dan tepat). Yang terjadi anda akan mengikuti saran dokter. Anda akan kembali makan biasa. Tapi karena kurangnya pengetahuan anda dengan nutrisi atau pola makan yang benar, anda berpikir makan normal itu bisa makan apa aja. Yang terjadi?? Anda akan gemuk lagi karena makanan normal biasanya berkalori tinggi!

Jadi anda mungkin turun 1-2 kg (kehilangan massa otot) tapi naik lagi 2-3 kg (yang naik massa lemak). Sekarang anda berada di situasi yang LEBIH BURUK dibanding sebelum Anda berdiet.

Lalu bagaimana cara turun berat badan yang tepat? Anda harus memberikan badan anda PROPER NUTRITION atau NUTRISI YANG TEPAT. Proper Nutrition artinya: Anda memberikan badan anda SEMUA kebutuhan nutrisi, dalam JUMLAH YANG TEPAT, SETIAP HARI.

So, diet yang benar itu bukan hanya makan buah dan sayur saja, tapi juga harus memenuhi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh.


Scroll to top