Cara Ampuh Menghindari Godaan Makanan

Cara Ampuh Menghindari Godaan Makanan



Sering merasa susah untuk menghindari makanan? Penyebab utama hal tersebut adalah lingkungan tempat kita berada memang menyuguhkan aneka ragam cemilan dan santapan lezat yang susah kita hindari, contohnya dirumah, jika toples makanan dirumah selalu berisi penuh dengan makanan maka kita akan sering terjebak untuk makan lebih banyak makanan. Belum lagi lingkungan sekitar tempat kita berada seperti rumah maupun kantor yang dikelilingi oleh penjaja makanan. Sederhananya, lingkungan yang dipenuhi dengan jajanan membuat kita terlalu mudah untuk makan terlalu banyak.

Perhatikan saja, saat Anda berniat keluar rumah untuk membeli keperluan rumah, secara sponton dan tiba-tiba, Anda melihat beberapa makanan yang dijajakan disekitar Anda, maka otomatis akan muncul niat untuk membelinya, benar?. Niat ingin beli pampers anak saja, saat pulang Anda pasti juga membeli beberapa cemilan kecil, benar? Maka lingkungan yang dipenuhi makanan adalah penyebab Anda susah menghindari godaan makan. Faktanya, jika Anda tidak punya makanan atau tidak melihat makanan, maka Anda pasti tidak akan makan atau ngemil, bettul?

Nah, berikut saya sharingkan beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari godaan makanan;

Cara Menghindari Godaan Makanan di Rumah

  • Kosongkan toples makanan Anda dari makanan yang tidak sehat, isilah dengan cemilan sehat. Jika tidak punya alternatif, cukup kosongkan saja. Cara mengosongkannya, bungkus plastik, lalu berikan kepada yang lebih membutuhkan. 
  • Ganti semua makanan tidak sehat yang ada dirumah Anda dengan makanan yang lebih sehat seperti buah dan sayur, jika pun harus roti, pilihlah roti gandum.
  • Letakkan makanan Anda dalam wadah yang kabur atau tidak tembus pandang kemudian 
  • Letakkan makanan atau cemilan Anda ditempat yang tinggi sehingga Anda susah menjangkaunya.
  • Letakkan semua makanan atau cemilan Anda di dapur, bukan di meja tamu atau meja makan. 
Cara Menghindari Godaan Makanan di Luar Rumah

  • Di supermarket. Buatlah daftar belanjaan yang harus Anda beli sebelum ke supermarket dan cukup membeli apa yang sudah Anda tulis. Jangan membiasakan atau membiarkan diri Anda membeli hal-hal lain terutama makanan yang tidak masuk dalam daftar belanjaan Anda. Jangan pernah tergiur dengan promosi makanan yang beli satu gratis satu.
  • Di tempat kerja. Selalu usahakan membawa bekal makanan dari rumah sebagai menu makan siang Anda, isi menu yang Anda bawa dengan yang sehat-sehat, seperti nasi misalnya, gantilah dengan nasi merah. 
  • Saat keluar dari rumah. Usahakan selalu membawa air minum dan makanan ringan di dalam mobil jika Anda tahu Anda akan keluar melakukan perjalanan yang butuh waktu lama. Jika Anda terkena godaan dengan makanan di diperjalanan, ingatlah bahwa Anda membawa makanan sendiri dan itu dapat menghemat pengeluaran Anda. Ingatlah tujuan untuk apa Anda berhenti di jalan, apakah untuk mengisi bensin? Atau untuk membeli permen? Mengapa Anda masuk ke swalayan? Untuk persediaan pada sabun cuci, atau untuk makan siang?
  • Saat di restoran. Hindari memesan makanan dengan menu prasmanan, biasakan mengambil sendiri makanan yang akan Anda makan sehingga Anda bisa memilih makanan sehat menurut Anda. Jika Anda ke restoran bersama rombongan, usahakan memesan lebih dulu makanan Anda sehingga Anda tidak tergoda dengan pesanan teman-teman Anda. Upayakan selalu mengganti minuman Anda dengan air putih saja. Atau jika minat dengan Juz, hindari pembuatan juz dengan tambahan gula atau susu.
Demikian sedikit tentang Cara Ampuh Menghindari Godaan Makanan. Baca juga Contoh Tabel Kalori Makanan.



Scroll to top