Gado-Gado, Makanan Khas Indonesia Yang Tinggi Kalori

Gado-Gado, Makanan Khas Indonesia Yang Tinggi Kalori



Gado-gado merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah merakyat dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Gado-gado juga merupakan salah satu jenis salad khas Indonesia yang namanya sudah tidak asing lagi.

Baca juga: Diet Tersiksa Ala Aurel Hermansyah

Gado-gado terbuat dari berbagai macam bahan pangan dan sayuran yang di makan bebarengan dengan kerupuk udang lengkap dengan bumbu kacangnya yang menggoda selera.

Namun tahukah anda, dibalik beragamnya bahan makan dan bumbu kacang yang tersaji dalam sepiring gado-gado, ternyata mengandung kalori yang cukup tinggi. Hmmm… yang lagi diet jangan sering-sering makan gado-gado ya,,,

Kalori yang dibutuhkan oleh masing-masing orang berbeda, hal itu tergantung dari usia dan padatnya aktifitas yang dilakukan. Pada umumnya, orang yang berusia 18 hingga 45 tahun dan memiliki aktifitas sedang membutuhkan kalori untuk tubuh sebanyak 1800-2000 kkal setiap hari.

Baca juga: Berikut Daftar Produk Berbahaya Untuk Diet Anda

Lain halnya dengan orang yang memiliki aktifitas rendah, mereka hanya memerlukan kalori sebanyak 1800 kkal. Dan dari banyaknya kalori yang dibutuhkan tubuh tersebut, sebanyak 20%-25% dipenuhi saat seseorang nyemil.

Memenuhi kebutuhan kalori yang sesuai untuk tubuh sangatlah penting, untuk itu perlu diatur porsi makan untuk tiga kali makan sehari setiap hari. Kenapa harus diatur, karena jika ada kelebihan kalori dan kalori tersebut tidak terbakar, maka kalori tersebut akan menjadi timbunan lemak pada tubuh, sehingga tubuh pun menjadi gendut.

Makanan yang anda makan hendaklah anda perhitungan kadar kalori yang ada, supaya anda bisa mengantisipasi jumlah makanan yang anda konsumsi. Gado-gado sendiri memiliki kalori yang cukup tinggi yakni 300-1000 kkal, tergantung isinya. Untuk menghindari adanya kalori yang terlalu tinggi Anda bisa mencoba gunakan tips berikut ini.

  1. Pilih lontong yang lunak / tidak terlalu padat, karena lontong yang padat banyak megandung karbohidrat. Lontong yang padat berukuran 15 cm ditaksir memiliki kalori sebanyak 150 kkal.  Namun sayuran sebanyak dua genggam hanya mengandung 40 kkal. Untuk itu, saat membeli gado-gado, kurangi jumlah lontongnya dan tambah jumlah sayurnya.
  2. Gado-gado dibumbui dengan bumbu kacang yang tinggi kalori, untuk itu mintalah bumbu kacang yang sedikit / secukupnya, atau jika dibungkus maka minta penjual untuk memisahkan bumbunya agar anda bisa mengatur kebutuhan bumbu tersebut.
  3. Kalori gado-gado juga disumbang oleh kerupuk atau emping sebagai pelengkap gado-gado. Di Indonesia jika makan tanpa kerupuk rasanya aka nada yang kurang, namun jika kerupuk mengandung tinggi kalori maka anda harus berhati-hati juga. Untuk itu, kurangi mengkonsumsi kerupuk emping tersebut, agar tubuh anda tidak banyak menimbun kalori yang bisa menjadi lemak.

Gado-gado memang terlihat seperti makanan sehat karena banyak mengandung aneka sayuran, namun dibalik itu semua, kalori gado-gado sangatlah tinggi.


Untuk itu jika anda penggemar gado-gado dan sering makan gado-gado, maka mulai sekarang anda harus memilah-milah isi gado-gado yang akan anda konsumsi, untuk meminimalisir timbunan kalori dalam tubuh anda yang bisa menjadi lemak dan akhirnya akan membuat tubuh anda gemuk.

Nah, itu tadi informasi tentang kalori gado-gado yang bisa saya sampaikan, semoga informasi tentang kalori gado-gado ini bermanfaat buat anda semua, khususnya bagi anda yang menyukai gado-gado supaya anda lebih berhati-hati lagi dalam mengkonsumsi makanan gado-gado ini. Baca juga: Suka Makan Nasi Uduk? Berikut Kalori Nasi Uduk



Scroll to top