Suka Pecel Lele ? Yuk Cari Tahu Kalori Pecel Lele Disini

Suka Pecel Lele ? Yuk Cari Tahu Kalori Pecel Lele Disini



Pecak Lele atau yang lebih kerap disebut pecel lele merupakan makanan khas Jawa. Namanya pecel lele, tentu makanan pecel lele ini terbuat dari bahan utama lele. Sajian pecel lele ini cukup mudah membuatnya karena terdiri dari lele goreng, sambal, dan lalapan. Perpaduan tersebut membuat pecel lele terasa nikmat disantap, apalagi dimakan bersamaan dengan nasi hangat. 

Makanan ini pun banyak dijumpai di mana-mana, baik itu di pinggir jalan maupun di warung-warung lesehan. Rasanya yang nikmat dan mudahnya dijumpai di mana pun, membuat makanan yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. 

Baca juga: Kalori Rujak Buah

Namun bagaimana dengan kalori pecel lele ini ? baikkah untuk orang yang sedang program diet? yuk, simak informasi lengkapnya seputar kalori pecel lele berikut ini.

Lele mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Lele hasil budidaya 1 fillet memiliki berat 141,5 gram dan untuk lele yang dimasak kering memiliki berat 5 oz. 

Ikan lele tersebut mengandung 217 kalori, protein sebanyak 26,7 gram, dan karbohidrat 0,0 gram. dengan total lemak sebanyak 11,5 gram. Ikan lele juga mengandung fiber 0,0 gram, lele juga merupakan sumber selenium (20,7mcg), dan vitamin B12 sebanyak 4mcg. 

Baca juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pelaku Diet

Selain itu, lele juga merupakan sumber yang baik untuk kesehatan tulang karena mengandung kalium sebanyak 459 mg, dan niacin sebanyak 3,6 mg. lele yang memiliki kalori yang tidak sedikit sebaiknya tidak dikonsumsi sering-sering, apalagi untuk orang yang sedang menjalankan program diet, paling tidak makan lele sehari 1 atau 2 ekor saja.

Sumber lain mengungkapkan bahwa lele mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Setiap 500 gram ikan lele mengandung 12 gram protein, kalori ikan lele sebesesar 149 kkal, lemak sebanyak 8,4 gram , dan 6,4 gram merupakan kandungan karbohidrat.

kalori pecel lele


Ikan lele memiliki keunggulan dibandingkan makanan hewan lainnya yakni, lele kaya akan kandungan leuisin dan lisin. Leusin adalah asam amino esensial yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak dan baik untuk menjaga keseimbangan nitrogen. 

Selain itu, zat leusin juga bermanfaat untuk membantu pembentukan protein otot. Sedangan lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino yang penting dalam menunjang pertumbuhan anak-anak. Asam amino ini berperan untuk membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak, membantu penyerapan kalsium, dan memelihara massa tubuh supaya tidak terlalu berlemak. 

Selain itu, lisis juga mampu menhasilkan antibody, pembentukan hormone, dan pembentukan kolagen, serta lisin mampu memberi perlindungan anak dari cold sore dan virus herpes.

Akhir akhir ini, di media sosial banya beredar informasi mengenai ikan lele, yakni ikan lele mengandung salah satu zat yang bisa memicu kanker. Namun setelah penelitian lebih dalam, ikan lele justru dianjurkan untuk dikonsumsi karena ikan lele banyak mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6, rendah merkuri, dan ikan lele juga mengandung protein sert vitamin B2.

Baca juga: Kalori Burger

Nah itu tadi informasi seputar kalori pecel lele dan manfaat lele. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda semua, khususnya pada pembaca setia web kami. Terima kasih. 


Scroll to top