Suka Konsumsi Nasi Uduk ! Cek Yuk Kalori Nasi Uduk

Suka Konsumsi Nasi Uduk ! Cek Yuk Kalori Nasi Uduk



Kalori Nasi Uduk | Pasti Anda pernah mendengar makanan yang bernama nasi uduk. Nasi uduk adalah salah satu nasi yang hanya ada di Indonesia. Nasi uduk adalah salah  satu makanan khas dari Betawi. Sekilas  jika dilihat seperti halnya nasi putih pada biasanya.

Namun yang membedakan antara nasi uduk dengan nasi putih biasanya adalah bagaimana cara memasak serta cita rasa yang khas. Cara memasak nasi uduk yakni dengan cara dikaron terlebih dahulu dengan rempah-rempah seperti  santan, daun salam, daun jeruk dan beberapa rempah lainnya.

Hal inilah yang membedakan nasi uduk dengan nasi putih biasanya. Tak hanya itu yang membedakan dengan nasi putih yang pada umumnya. Bahkan dalamkalori nasi uduk dan kalori nasi putih juga jauh berbeda. Selain itu untuk cara menyajikan nasi uduk juga memiliki ciri khas.

Biasanya penyajian nasi uduk ini menggunakan taburan bawang goreng, suwiran taburan ayam goreng tahu dan tempe goreng dan dilengkapi dengan sambal kemiri.Untuk menghidangkan nasi uduk juga dilengkapi dengan emping untuk menambah cita rasa yang khas sebagai makanan Indonesia.

Nasi uduk banyak di jumpai ketikapagi hari dan juga malam hari. Hal inikarena memang nasi uduk  sangat cocok digunakan untuk sarapan dan  juga makan malam. Sementara itu diketahui bahwa dulunya nasi uduk pertama kali dijual di Kebon Kacang yang berada di Jakarta.

Baca Juga: Gerakan Yoga Yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Maka tak heran jika wilayah tersebut banyak  dikenal sebagai daerah asal muasal nasi uduk.Dengan demikian para pecinta nasi uduk pasti tahu jika rasa nasi uduk di tempat tersebut tak ada duanya. Banyak para penikmat nasi uduk yang mengungkapkan bahwa nasi uduk yang khas dan enak berada di Kebon Kacang.

Perlu diketahui kata uduk yang berada pada nasi uduk diketahui berasal dari bahasa sunda yang berarti campur atau bersatu. Dengan demikian maka nasi uduk juga dapat diartikan sebagai nasi yang bercampur dengan menu makanan yang lainnya.

Meski begitu diketahui bahwa nasi uduk memiliki kandungan yang tak banyak diketahui banyak orang. Maka tim dietkualami.com akan menjelaskan kandungan kalori nasi uduk. Karena memang kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Meskipun kalori yang dibutuhkan oleh setiap orang sangat berbeda-beda. Perbedaan kebutuhan kalori dalam tubuh diketahui terkait dengan usia yang berbeda-beda dan juga aktivitas yang dilakukan. Sebenarnya kalori yang banyak  dibutuhkan oleh tubuh per hari sekitar 2000 hingga 2500 kalori untuk pria.

Sementara kalori yang dibutuhakan oleh wanita dalam tubuh sekitar 1500 hingga 2000 kalori. Untuk itu setiap makanan mengandung kalori yang berbeda -  beda seperti nasi uduk dengan nasi goreng memiliki kalori yang berbeda.  Baca juga: Gara-gara Hanya Makan Apel Wanita Ini Kurus Kering

Untuk itu diketahui bahwa kandungan kalori nasi uduk pada setiap 1 porsi dengan berat 160 gram mengandung 260 Kkal. Namun untuk karbohidrat pada nasi uduk diketahui sebanyak 32,84 gram, sementara untuk lemak yang dikandung dengan nasi uduk sekitar 12,5 g dan protein 4,07 g.




Maka untuk menjaga kesehatan diharapkan  agar tidak terlalu sering untuk mengkonsumsi nasi uduk. Karena yang bahaya dalam nasi uduk yakni lemak yang berasal dari santan. Maka tim dietkualami.com menyarankan lebih baik sedikit  mengkonsumsi nasi uduk dibanding nasi putih.

Lemak yang terkandung dalam nasi uduk diketahui dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Maka banyak masyarakat yang menggunakan nasi uduk untuk sarapan. Hal ini karena dapat merasa lebih kenyang dalam rentang waktu yang lebih lama. Baca juga: Konsumsi Bawang Putih Bisa Membantu Anda Langsing



Scroll to top