Tak Selamanya Karbohidrat Bikin Gemuk ! Ternyata Ubi Jalar Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lho. . .

Tak Selamanya Karbohidrat Bikin Gemuk ! Ternyata Ubi Jalar Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lho. . .



Karbohidrat selama ini memang dihindari oleh orang-orang yang sedang dalam program penurunan berat badan atau diet untuk mendapatkan tubuh langsing dan ideal. 

Tapi tetap saja tubuh kita juga butuh asupan karbohidrat yang cukup, karena karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama dan berperan penting dalam proses metabolisme yang tidak bisa digantikan dengan sumber energi lainya. Selain itu karbohidrat juga memiliki peran penting dalam proses pencernaan makanan.

Perlu diketahui tidak semua karbohidrat itu bisa membuat tubuh kita menjadi gemuk. Diantara banyaknya sumber karbohidrat yang ada, ubi jalar adalah salah satu sumber karbohidrat yang bisa membantu melangsngkan tubuh.

Ubi jalar bisa membantu kita menurunkan berat badan jika kita mengkonsumsinya dengan benar dan wajar, hal ini dikarenakan ubi jalar memiliki segudang manfaat yang mungkin belum sobat ketahui semua. 




Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi beberapa manfaat dari ubi jalar sebagai salah satu sumber karbohidrat yang bisa membantu melangsingkan tubuh. Apa saja manfaat dari ubi jalar ? langsung saja simak selengkapnya ulasan dibawah ini.

Ubi Jalar Bisa Menjaga Kadar Gula Darah

Ubi Jalar adalah makanan yang dianggap rendah GI (Glycemic Index) sehingga saat kita mengkonsumsi Ubi Jalar tidak membuat kadar gula darah kita langsung naik drastis. Tentu saja hal ini baik untuk kita, karena dengan kadar gula darah yang stabil dan terjaga baik akan membuat kita jauh dari penyakit metabolisme tubuh dan juga terhindar dari kegemukan.

Ubi Jalar juga mengandung gula alami yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh penderita diabetes, dengan begitu kadar gula darah akan terkontrol dengan baik. Itulah sebabnya kenapa orang penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi ubi jalar.

Ubi Bisa Mencegah  Penyakit

Tidak hanya untuk menjaga kadar gula darah saja, Ubi juga bisa mencegah sejumlah penyakit seperti anemia, diabetes dan  hipertensi. Ubi Jalar juga bisa meningkatkan hormone adiponection yang diproduksi oleh sel-sel lemak dalam tubuh. Disaat kadar hormone dan resistensi insulin meningkat hal ini baik untuk para penderita diabetes tipe 2. Ubi Jalar putih juga mengandung caiapoyang dipercaya mampu mengatasi penyakit diabetes tipe 2.


Ubi manis mengandung phytonutrients seperti senyawa antosianin yang dapat mengurangi inflamasi, karena jika inflamasi dibiarkan dalam jangka panjang akan semakin membuat penyakit banyak yang timbul seperti diabetes dan Alzheimer’s.

Sebagai Pengendali Nafsu Makan, Ubi  Kaya Serat dan Vitamin

Nafsu makan yang tinggi adalah salah satu penyebab tubuh kita menjadi cepat gemuk. Dengan mengkonsumsi ubi berukuran 5 inch sudah mengandung 3,9 gram serat. Mengkonsumsi cukup serat akan membuat kita merasa cepat kenyang dan tidak mudah lapar, dengan begitu akan membuat kita lebih mudah mengendalikan nafsu makan karena perut kita terasa kenyang.

Selain kaya serat Ubi juga memiliki kandungan vitamin yang banyak diantaranya vitamin A, vitamin C, mangan, kalium, biotin, dan beta karaten. Dengan banyaknya vitamin yang dimiliki ubi kita bisa mengkonsumsinya dengan makanan yang mengandung lemak dalam jumlah wajar untuk memudahkan proses penyerapan nutrisi.


Setelah melihat banyaknya manfaat yang dimiliki Ubi Jalar, masih mau menghindar untuk mengkonsumsi Ubi ? Masih percaya jika Karbohidrat hanya bikin gemuk ? 

Untuk membantu Anda menurunkan berat badan tidak ada salahnya sobat dietkualami.com mengkonsumsi Ubi Jalar sebagai pengganti nasi untuk asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Dengan begitu kita bisa tetap menjalankan pola hidup sehat serta bisa menurunkan berat badan.



Scroll to top