Cara Makan Malam Yang Baik Agar Tidak Makin Gemuk

Cara Makan Malam Yang Baik Agar Tidak Makin Gemuk



Makan malam
Makan Malam Dengan Nutrisi
Tanda dari tidur malam yang berkualitas akan terasa saat Anda bangun dibagi hari. Apakah merasa segar atau ingin tidur lagi. Banyak orang terkadang merasa susah sekali untuk punya tidur yang berkualitas. Ternyata, salah satu penyebabnya adalah kebiasaan makan yang buruk selama hari tersebut.

Bila Anda tidak mendapatkan tidur malam yang baik maka akan berpengaruh kepada hormon rasa lapar alami Anda dan Anda merasakan dorongan untuk makan terus di hari berikutnya. Orang yang tidak tidur dengan baik cenderung akan lebih sering ngemil dan terkadang menjadikan kopi berkafein serta makanan manis sebagai makanan ternikmat. Masalahnya, kafein dapat mengganggu kemampuan Anda untuk tidur di malam hari sedangkan makanan manis meski dapat meningkatkan energi Anda ianya akan menjadi pemicu Anda untuk terus mengemil.

Jadi, faktor utama penyebab Anda susah tidur adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang buruk untuk kesehatan Anda. Jika dalam sehari nutisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda terpenuhi maka tidur malam Anda pun akan terasa lebih berkualitas.

Lantas, Bagaimana Cara Makan Malam Yang Baik Agar Tidak Makin Gemuk dan membuat tidur semakin berkualitas? Berikut solusinya;

Jauhi Makan Malam Terlalu Banyak
Tidur dengan keadaan perut sangat penuh dapat menjadikan Anda tidak nyaman dan bahkan menyebabkan gangguan pencernaan. Di sisi lain, jika makan malam Anda terlalu minim, Anda mungkin terbangun oleh rasa lapar berlebih. Jadi, aturlah porsi makan malam Anda. Jangan berlebihan, cukupkan hanya untuk mengganjal rasa lapar. Saya sendiri lebih sering makan malam dengan segelas shake dengan campuran buah.

Jangan berlebihan lemak dan protein saat makan malam.
Lemak makanan membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan makanan berprotein merangsang produksi zat kimia dalam otak Anda yang membantu Anda merasa lebih waspada. Tapi makanan rendah lemak dicerna lebih cepat, dan karbohidrat yang sehat membantu merangsang produksi zat kimia pada otak. Daripada makan terlalu banyak lemak dan protein, fokuslah pada karbohidrat yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan dengan porsi kecil protein.

Omega-3 dapat membantu Anda tidur.
Anda bisa dapatkan pada ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian - membantu dalam mengatur tubuh 'jam internal', sebagian melalui efek pada pelepasan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur. Saya sendiri menggunakan Omega-3 HerbalifeLine dari Herbalife.

Jauhi Asupan Kafein
Mengkosumsi kopi dan sejenisnya yang mengandung kafein adalah hal terburuk yang dapat mengganggu tidur Anda. Gantilah minuman Anda dengan Air putih.

Kurangi Asupan Cairan di Malam Hari
Jika Anda terlalu banyak memasukkan cairan di malam hari makan tidur Anda akan terganggu dengan sering bolak-balik kamar mandi. Untuk Anda yang sedang mengejar target minum harian, usahakan itu tercapai hingga sore hari.

Bagaimana Cara Makan Malam Yang Baik Agar Tidak Makin Gemuk damemiliki tidur malam yang berkualitas. Baca Juga Cara Diet Terburuk dan Solusinya.


Scroll to top