Langsung ke konten utama

Kisah Diet Ketat, Gadis Cantik Ini Jadi 'Mayat Hidup' dan Nyawanya Terancam

Karna terobsesi untuk kurus dan terlihat semakin cantik, Elle Lietzow yang berusia 17 tahun dan memang berperawakan cantik terpaksa harus menjalani hidup seperti "mayat hidup" dan terancam nyawanya.

Diet yang dijalani Elle terbilang sangat ekstrem, dia berusaha menjalankan diet ketat dengan berpuasa selama sepekan penuh. Ia tidak makan dan minum selama 7 hari.

Saat ini, karna obsesi dan diet ketat yang ia lakukan, jempol kaki dan jari-jarinya tak mendapat aliran darah. Kukunya bahkan sangat rapuh, berwarna kehitaman, dan gampang patah. Rambut pirangnya rontok parah. Siklus haidnya berhenti. Tubuhnya tinggal kulit dan tulang seperti mayat hidup.

Dokter bahkan terkejut ia masih bisa bertahan hidup dengan indeks massa tubuh 12 ( normalnya sekitaran 18,5-24,9).

Elle mengaku keinginannya menurunkan berat badan adalah karena mau jadi gadis populer. "Aku ingin kurus agar bisa diterima semua orang. Aku bisa dapat banyak sekali teman ketika bobotku tak sengaja berkurang saat ikut renang dan semua orang memujiku. Aku berpikir meski aku berhenti renang aku akan tetap membuat tubuhku kurus agar mereka masih mau berteman denganku. Karena kalau bobotku naik, tak ada lagi yang mau berteman denganku," ungkap Elle.

Baca juga: Apakah Herbalife Aman? Apakah Ada Efek Samping Herbalife?

Gadis yang kini berusia 19 tahun asal Melbourne, Australia ini mengaku dulu sering di-bully. Meski berat badannya hanya kelebihan beberapa kilogram, teman-teman sekolahnya suka menendang dan mendorongnya. Bahkan Elle diejek "paus gendut" ketika berjalan di lapangan bermain. Saat akhirnya bergabung di tim renang dengan jadwal latihan ketat enam jam per hari, bobotnya berkurang dan dapat banyak teman.

Tapi Elle berhenti ikut tim renang karena ingin fokus ke sekolahnya. Agar bobot badannya tetap stabil, ia olahraga dua jam sebelum sekolah dan jalan kaki jauh di dekat rumahnya. Dia pun mulai berdiet dengan hanya makan ikan dan sayuran. Dalam dua bulan, bobotnya turun 12 kilogram dan masuk rumah sakit untuk pertama kalinya. Keluarga dan teman-temannya menyuruhnya untuk menaikkan bobotnya lagi. Elle akhirnya malah tak bisa mengendalikan nafsu makannya dan bobotnya naik jadi 78 kilogram.

Merasa jijik dengan tubuhnya sendiri, Elle mulai diet lagi. "Kebiasaan makan sehat akhirnya berubah jadi hanya kebiasaan makan salad atau kubis kukus untuk makan malam yang dibumbui banyak garam. Lalu aku berhenti makan total," kata Elle. Dalam beberapa bulan saja, bobotnya berhasil turun 40 kilogram.

Namun, efek sampingnya dia jadi susah bangun dari tempat tidur dan harus di rumah tak bisa ke sekolah. Dia mulai merasa kalau nyawanya terancam. "Tubuhku memberiku sinyal kalau aku sebenarnya sedang membunuh diriku sendiri. Jadi aku harus berhenti," kata Elle. Hubungannya dengan orang tua dan teman-temannya juga makin renggang. Elle jadi sering bohong dengan kebiasaan makan dan olahraganya yang di luar batas wajar.

Sampai puncaknya Elle memutuskan berhenti total makan dan minum selama seminggu penuh. Wah, tak terbayangkan bagaimana rasanya, ya Ladies. Dan ketika akhirnya Elle memutuskan untuk minum karena rasa haus yang tak tertahankan, baru saja seteguk ia mengalami kejang parah. Dia terbaring di lantai kamar mandi dengan pecahan gelas kaca dan air tumpah di mana-mana. "Aku tak punya energi sama sekali. Aku sadar aku sekarat," ungkapnya.


 Foto: copyright dailymail.co.uk
Foto: copyright dailymail.co.uk
Elle akhirnya mengaku pada ibunya kalau ia sengaja menahan rasa lapar. Saat dilarikan ke rumah sakit, hati dan ginjalnya mengalami masalah. Dengan berat badan yang hanya 35 kilogram, Elle harus segera melakukan perubahan total.

Baca juga: Kisah Zevanna Letisha Berjuang Menurunkan Berat Badan

Kini pola makan Elle berubah. Ia jadi seorang vegetarian. "Hidupku sekarang berubah setelah proses penyembuhan itu. Aku sekarang sudah lebih mudah bergaul, aku jalan-jalan dengan teman-temanku dan tak lagi menutup diri. Aku ingin menginspirasi orang lain melalui Instagram dan YouTube dengan gaya hidup vegetarianku. Pesan yang ingin aku sampaikan pada para penderita anoreksia adalah satu-satunya orang yang bisa menyelamatkanmu adalah dirimu sendiri. Kamu harus membuat perubahan kalau mau tetap hidup," papar Elle.

 Foto: copyright dailymail.co.uk
Elle sudah lebih menyadari pentingnya kesehatan tubuhnya. Kini alih-alih kembali terobsesi jadi kurus, ia memilih pola makan yang lebih sehat. Misalnya untuk sarapan, ia memilih makan buah seperti pepaya, apel, kiwi, dan pisang. Untuk makan siang, ia makan ubi manis dan salsa alpukat serta sop kare Thailand. Untuk makan malam, ia makan ubi bakar.

Baca juga: Sering Konsumsi Buah Naga? Cek Kalori Buah Naga

Ladies, kesehatan tubuh kita bagaimana pun lebih penting dari sekadar obsesi ingin punya tubuh langsing atau ingin diakui orang lain. Jangan sampai kita menyiksa tubuh kita sendiri dan tak menyadari bahaya yang mengancam.

Sumber: Vemale.Com

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Produk NiteWorks Herbalife

Produk NiteWork adalah salah satu produk yang paling dinanti-nanti oleh para konsumen dan distributor Herbalife Indonesia. Dulunya produk ini hanya bisa didapatkan di Malaysia, Singapura dan negara-negara lainnya. Kini NiteWorks hadir di Indonesia. Bayangkan, baru soft launching stok produk NiteWorks tiba-tiba sudah back order. Tapi saat ini sudah ada lagi... Launching produk ini sendiri di Indonesia akan diadakan pada bulan oktober 2015 dengan menghadirkan langsung Dokter penemunya. Produk ini ditemukan oleh Dr. Louis Ignarro, P.hD dan menjadi produk unggulan Herbalife setelah Shake Herbalife. Dr. Louis Iqnarro, P.hD telah berkontribusi pada ilmu pengetahuan yang luar biasa. Usahanya dihargai dengan peraihan pemenang hadiah Nobel dalam Psikologi dan Kedokteran tahun 1998 akan penemuan Nitric Oxide dan manfaatnya untuk tubuh manusia. Hasil kerjanya merupakan pencerahan dalam ilmu pengetahuan untuk para peneliti diseluruh dunia. Dia bekerja bersama Herbalife untuk mengembangkan prod

Thermo Tea, Teh Pembakar Lemak Herbalife

Thermo Tea, Teh Pembakar Lemak Herbalife  - Meski olahraga adalah sesuatu yang penting, namun bagi sebagian orang, diet ditambah olahraga akan membuat mereka merasa susah sendiri. Tapi tidak Anda tidak perlu khawatir, Herbalife punya solusi tepat untuk Anda yang malas berolahraga tapi tetap ingin turun berat badan. Teh pembakar lemak dari Hebalife ingin sudah sangat terbukti khasiatnya. Saya sendiri sangat menyukai teh ini. Herbal Tea Concentrate atau yang dikenal dengan sebutan Thermo Tea dari Herbalife ini merupakan  minuman dari daun teh hijau yang kaya antioksidan dan bisa mempercepat metabolisme tubuh Anda. Diracik dengan ramuan kuno yang diolah dan dikemas kembali secara modern Teh pembakar lemak ini juga biasa disebut dengan “aerobic dalam botol” bisa membantu membakar bagi orang-orang yang malas ataupun tidak sempat berolah raga. Fungsi teh ini sangat erat dengan Cell-U-Loss (tablet nutrisi pembakar selulit) yang bersama-sama membakar asam lemak dalam pembuluh darah menja

NRG Tea Herbalife, Manfaat dan Kelebihan Dari NRG Tea Herbalife

Anda suka menikmati teh? Anda perlu coba teh yang satu ini, karena selain nikmat dan menyegarkan juga menyehatkan tubuh.  Yups, teh dari herbalife Narute’s Raw Guarana Herbalife yang popular juga disebut sebagai NRG Tea Herbalife. Yuk kupas habis seputar NRG Tea Herbalife  serta manfaat dan kelebihan dari NRG Tea Herbalife. NRG Tea Herbalife merupakan salah satu produk keluaran dari Herbalife yang sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat. NRG Tea Herbalife terbuat dari teh bernama Guarana yang tumbuh asli di Amerika Selatan. Guarana ini telah banyak dimanfaatkan oleh Amazon India selama berabad-abad. Nah, daun bermanfaat tersebut kini telah terkemas rapi dan higienis dalam NRG Tea Herbalife atau sering juga disebut dengan teh Herbalife, karena memang cara penyajiannya layaknya teh seperti yang sering kita konsumsi. Produk NRG Tea Herbalife memiliki banyak manfaat yakni membantu meningkatkan stamina, membantu meningkatkan energi, meningkatkan daya pikir serta konsentrasi. Sela