Tips Diet Alami, Lakukan Hal Berikut Ini Jika Ingin Diet Alami dan Aman Selamanya

Tips Diet Alami, Lakukan Hal Berikut Ini Jika Ingin Diet Alami dan Aman Selamanya



Diet alami adalah dambaan semua orang, tapi tak semua sadar apa yang ia lakukan sudah alami atau tidak. Misal, ada orang yang tergiur dengan mengkonsumsi obat-obatan yang berlabel alami tapi akhirnya dalam beberapa waktu ia konsumsi, muncul masalah tak terduga. Mulai timbul penyakit disana sini.

Berikut kami coba sajikan beberapa hal yang sangat penting untuk dilakukan jika ingin program diet yang dijalani benar-benar alami.

Konsumsi banyak air yang Nol kalori

Semua makanan dan minuman yang kita minum pasti memiliki kalori tertentu, maka pilihlah air putih untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda karna hanya air putih yang nol kalori. Hindari minuman-minuman kemasan dan sejenisnya, cukup minum air putih dan perbanyaklah. Dalam satu hari, minimal 2 liter air yang harus masuk ketubuh Anda dan ini tidak berlaku secara umum tapi tergantung berat badan Anda. 2 liter hanya cocok untuk mereka yang punya berat badan proporsional. So, jika merasa kelebihan berat badan, harus diatas 2 liter. Baca juga: Waktu Paling Tepat Untuk Minum Air Putih

Makan Malam dengan yang Ringan

Malam hari biasanya jadi waktu yang sangat rentan untuk seseorang memasukkan makanan-makanan berat kedalam tubuhnya. Wajar, terutama di Indonesia, saat malam menjelang, penjual-penjual makanan siap saji mulai gelar lapak. Untuk anda yang ingin serius menjalani program diet sehat, pilihlah makanan yang ringan, ya, ringan kalori lebih tepatnya. Kami sangat menyarankan anda meikmati segelas jus diwaktu malam, bisa jus apa saja yang anda suka. Tapi tetap yang alami tanpa gula dan tanpa susu.

Nikmati Setial Centi Makanan Favorit Anda
Pernah lihat orang makan yang dalam sekali angkat tangan sekejap makanan dihadapanya ludes tak bersisa? Ya, yang dimaksud dengan nikmati makanan favorit Anda disini adalah menikmati detail makanan yang sedang anda santap. Tak perlu buru-buru, kunyahlah setiap sendok makanan sehancur mungkin. Ada yang bilang, kunyahlah 33 kali baru kemudian di telan.

Baca juga: Kisah Diet Ketat Gadis Cantik Ini Jadi "Mayat Hidup"

Makan Siang Dengan Porsi Mini

Makan siang adalah saat dimana tubuh sedang butuh banyak asupan makanan, biasanya kebanyakan orang akan dengan mudah memakan apa saja. Ada yang makan mie goreng kemudian dilanjutkan dengan makan nasi padang. Porsi juga super besar, hampir-hampir piring tak muat.

Mulai sekarang, kendalikan porsi makan siang, ambillah sedikit nasi dengan layuk yang banyak, bukan kebalikannya. Porsi nasi cukup 1 genggam tangan dan perbanyak sayur atau lauk lainnya. Jika bisa, mulai ganti nasi putih anda dengan nasih merah atau nasi hitam.

Perbanyak Asupan Protein Setiap Makan

Protein adalah sumber utama membangun massa otot untuk tubuh kita. Selain itu, protein juga berfungsi untuk mengontrol rasa lapar sehingga dengan terpenuhinya asupan protein yang maksimal, anda akan merasa kenyang lebih lama. Protein juga membantu proses pembakaran lemak. So, pastikan untuk selalu memilih makanan yang berprotein tinggi seperti makanan laut, daging tanpa lemak, putih telur, yogurt, keju, kedelai, serta kacang-kacangan

Tambahkan Sedikit Cabai

Tambahkan bumbu atau cabai untuk makanan Anda yang bisa berfungsi untuk meningkatkan rasa serta membantu Anda merasa puas. "Makanan yang sarat dengan rasa akan merangsang selera Anda dan lebih memuaskan, sehingga Anda tidak akan makan banyak," kata juru bicara American Dietetic Association Malena Perdomo, RD. Bila Anda membutuhkan sesuatu yang manis, mengisap permen bola api merah-panas. Ini manis, pedas, dan rendah kalori.

Selalu Pasok Makanan Sehat Untuk Dapur Anda

Jangan biarkan dapur atau kulkas Anda diisi oleh makanan yang tidak sehat, perbanyak sayur-sayuran segar, gandum, dada ayam salah hijau, buah-buahan dan lain sebagainya.

Biasakan Memesan Makanan dengan Porsi Kecil saat di Restoran

Jika harus makan diluar seperti di cafe, restoran, rumah makan atau sejenisnya, pilihlah makanan dengan porsi anak kecil. Atau jika anda pergi dengan pasangan, cukup pesan satu piring untuk berdua. Minumannya cukup dengna air mineral, bukan soda atau juz. Jika terpaksa inginkan juz, buatlah juz alami tanpa gula, tanpa susu.

Jangan Pernah Tidak Sarapan

Sarapan adalah bagian paling penting jika anda ingin sukses dalam menurunkan berat badan. Orang yang sarapan biasanya tidak akan mudah tergoda dengan makanan setelah jam-jam rawan ngemil, tapi hal ini juga dilihat dari makanan apa yang jadi menu sarapannya, sarapanlah dengan sedikit karbohidrat dan banyak protein.

Baca juga: Mengapa Harus Sarapan Pagi?

Selalu Sertakan Serat dalam Diet Anda

Serat berfungsi untuk membantu pencernaan, mencegah sembelit, menurunkan kolesterol serta dapat membantu dengan penurunan berat badan. Untuk memenuhi manfaat serat, seorang wanita harus mendapatkan sekitar 25 gram setiap hari, sedangkan laki-laki membutuhkan sekitar 38 gram - atau 14 gram per 1.000 kalori. Sumber serat yang baik termasuk oatmeal, kacang-kacangan, makanan gandum, sebagian besar buah dan sayuran.

Menurunkan Berat Badan Secara Perlahan

Kegemukan tidak instasn, begitu pula saat harus menurunkan berat badan, tidak bisa instan. Jika Anda kehilangan berat badan tapi tidak secepat seperti yang Anda inginkan, jangan berkecil hati. Menurunkan beberapa kilogram dari berat badan Anda membutuhkan waktu, sama seperti ketika menaikkannya.

Para ahli menyarankan untuk menentukan dulu tujuan penurunan berat badan yang realistis dari sekitar satu sampai dua kilo seminggu. Jika Anda menetapkan harapan Anda terlalu tinggi, Anda mungkin menyerah ketika Anda tidak mendapatkan berat badan cukup cepat. Ingat, Anda mulai melihat manfaat kesehatan ketika Anda kehilangan hanya 5% -10% dari berat badan Anda.

Timbang Berat Badan Seminggu atau Dua Minggu Sekali

Orang yang menimbang berat badannya sendiri secara teratur cenderung memiliki cara sukses dalam penurunan berat badan. Para ahli menyarankan untuk menimbang sendiri berat badan seminggu atau dua minggu sekali, hindari menimbang setiap hari. Timbanglah berat badan dihari yang sama dan diwaktu yang sama setiap minggu nya. Artinya, jika menimbang dihari senin pagi, maka lakukan itu setiap senin pagi seminggu atau dua minggu sekali.

Baca juga: 4 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pelaku Diet

Istirahat yang Cukup

Saat Anda kurang tidur, tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak atau kelebihan hormon ghrelin, hormon ini sering menjadi penggerak meningkatnya nafsu makan dan menekan hormon leptin, yang memberitahu Anda ketika Anda penuh atau tidak sedang membutuhkan makanan. Cukup tidur dapat membuat Anda merasa rileks menjaga Anda dari melakukan ngemil yang tidak perlu.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Yaupz, semua mengakui, aktifitas diet terbaik adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Tapi harus dipeerhatikan juga cara konsumsinya, jangan memasang sayur terlalu lama atau mencampurnya dengan bahan-bahan yang justru merusak nutrisi dari sayur. Jangan memakan buah dengan cari di juz dan dicampur dengan gula serta susu. Jika Anda makan lebih banyak buah dan sayuran, Anda tidak perlu merasa lapar karena makanan yang kaya gizi ini juga tinggi serat dan air yang dapat memberikan perasaan kenyang. Jadikan buah dan sayur sebagai cemilan sehat anda.



Hidup Aktif

Gaya hidup aktif tidak mesti dengan berolahraga rutin bahkan sampai ikut-ikutan gym, bayar keanggotaan mahal mahal tapi jarang datang. Alangkah lebih baik dan cerdasnya, lakukan hidup aktif dengan memperbanyak gerak fisik. Hindari berkendaraan motor jika jarak tempuh tidak terlalu jau. Membersihkan rumah, jalan sekeliling komplek perumahan juga termasuk gaya hidup aktif.

Itu dia Tips Diet Alami, yang bisa dengan sangat mudah Anda lakukan agar apa yang anda lakukan menjadi Diet Alami dan Aman Selamanya. So, mulai saat ini juga tanpa banyak alasan. Baca juga: 3 Menu Makanan Sehat Untuk Diet Anda




Scroll to top