Ingin Coba Diet Pisang ? Ketahui Kandungan Kalori Buah Pisang

Ingin Coba Diet Pisang ? Ketahui Kandungan Kalori Buah Pisang



Kalori Buah Pisang | Pisang adalah salah satu makanan yang sangat mudah kita jumpai di negeri tercinta Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis buah pisang, mulai dari pisang hijau, pidang Ambon, pisang kepok, pisang raja dan masih banyak lagi jenis pisang yang bisa kita temukan.

Buah pisang sebenarnya bisa digunakan untuk menurunkan maupun menambah berat badan. 

Dua program tersebut bisa dilakukan tergantung dari takaran buah pisang yang kita konsumsi. Untuk menentukan takaran pisang dalam menjalani program diet ataupun tambah berat badan, Anda perlu mengetahui kalori buah pisang terlebih dahulu.

Pada kesempatakan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai kalori yang terdapat dalam buah pisang. Karena pisang memiliki ukuran yang berbeda-beda jadi kalori yang terdapat dalam satu buah pisang juga akan berbeda.



Satu buah pisang ukuran ekstra kecil dengan panjang kurang dari 15 cm mengandung total 72 kalori dengan rincian persentase 3% lemak, 92% karbohidrat dan 5% protein. Adapun 72 kalori buah pisang ukuran ekstra kecil tersebut terdapat 0,27 gram lemak, 18,5 gram karbohidrat dan 0,88 gram protein.
Buah pisang ukuran sedang dengan panjang 18 cm hingga 20 cm mempunyai 105 kalori. 

Dari kalori buah pisang tersebut mengandung lemak 0,39 gram, karbohidrat 26,95 gram dan protein sebanyak 1,29 gram.

Kalori buah pisang ukuran besar dengan panjang 20 cm sampai 22,5 cm mempunyai jumlah kalori sebanyak 121 kalori. Adapun rinciannya  adalah 0,45 gram lemak, 31,06 gram karbohidrat dan 1,48 protein.

Bacca juga: Manfaat Produk Herbalife NiteWork

Untuk kalori yang terkandung dalam sebuah pisang ukuran ekstra besar panjang 23 cm atau lebih panjang adalah 135 kalori.  Rincian dari kalori buah pisang tersbeut adalah 0,5 gram lemak, 34,72 gram karbohidrat dan 1,66 gram protein.

Selain mengandung karbohidrat, lemak dan protein buah pisang juga mengandung beberapa gizi lainnya. Berikut adalah kandungan gizi yang terdapat dalam buah pisang dan baik untuk kesehatan. Buah pisang ukuran 100 gram mengandung kalium sekitar 358 mg. 

Kalium sendiri merupakan unsur penting sebagai pengatur tekanan darah dan mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

Buah pisang ukuran 100 gram juga mengandung sodium 1 mg. Sodium merupakan mineral penting jika berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan, namun jika tubuh kita kekurangan sodium maka tubuh bisa terkena penyakit muntah, diare, sakit kepala dan nyeri otot.

Baca juga: Pelajari Kalori-Kalori dalam Makanan Kita Disini!

Sodium yang diperlukan tubuh setiap hari adalah antara 180 sampai 500 miligram supaya tubuh bisa berfungsi dengan baik. Adapun manfaat sodium adalah meregulasi keseimbangan cairan tubuh, meregulasi glukosa, memaksimalkan fungsi syaraf, jantung dan fungsi mental.

Setelah mengetahui kalori buah pisang, dimana dalam satu pisang 92% adalah karbohidrat kini saatnya Anda menentukan takaran porsinya. 

Untuk Anda yang ingin menaikkan berat badan menggunakan buah pisang direkomendasikan untuk mengkonsumsi tiga sampai lima buah pisang sehari dan diselingi mengkonsumsi yogurt atau susu. Baca juga: Anak Terberat di Dunia Ada di Indonesia


Jika Anda ingin melakukan program diet dengan mengkonsumsi pisang, Anda hanya perlu memakan pisang dengan jumlah yang sedikit. Karena pisang mengandung banyak karbohidrat dengan mengkonsumsi sedikit akan membuat Anda merasa kenyang. 

Selain itu pisang juga mengandung kadar air yang tinggi sehingga efektif menurunkan berat badan, karena tubuh akan terhidrasi dengan baik tanpa harus mengurangi beberapa nutrisi penting. Baca juga: Tabel Pedoman Kalori yang Disederhanakan



Scroll to top