Ini Manfaat, Cara dan Waktu Yang Tepat Melakukan Senam Kegel

Ini Manfaat, Cara dan Waktu Yang Tepat Melakukan Senam Kegel



Senam Kegel sebelumnya sudah sempat populer dengan arahan “jepit-lepas, kontrak-rilis”. Yang dimaksud jepit adalah menahan otot panggul sedangkan lepas berarti melepaskan. Jadi senam kegel adalah senam menahan otot panggul beberapa detik kemudian melepasnya.

Tujuan utama dari senam kegel adalah untuk menguatkan otot-otot dasar panggul yang menyangga rahim, usus halus, kandung kemih serta rektrum. 

Senam kegel cukup mudah dan bisa dilakukan oleh setiap orang, kapanpun dan dimanapun. Bahkan senam kegel juga dapat dilakukan oleh orang yang sedang hamil dan seteleh melahirkan.

Pada kesempatan kali ini tim dietkualami.com akan berbagi informasi mengenai manfaat senam kegel, cara dan waktu yang tepat untuk melakukan senam kegel. Selengkapnya langsung saja yuk simak informasi dibawah ini.

senam kegel


Cara Melakukan Senam Kegel

Untuk memulai senam kegel kita harus benar-benar mengetahui otot mana yang akan dilatih untuk ditahan dan dilepas. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan mencoba menghentikan aliran urine saat sedang buang air kecil. Jika sahabat berhasil melakukannya, berarti sudah menguasai gerakan dasar dari senam kegel.

Cara melakukan senam kegel adalah dengan melakukan gerakan mengerutkan otot selama 5 detik setelah itu melepaskannya lagi selama 5 detik. Lakukan gerakan tahap pertama ini sebanyak 4 sampai 5 kali.

Tahapan selanjutnya dapat melipatgandakan waktu gerakan yakni dengan menahan otot selama 10 detik kemudian melepaskannya selama 10 detik pula. 

Agar mendapat hasil maksimal, sahabat harus benar-benar fokus pada otot panggul, jangan menegangkan otot di daerah paha, perut ataupun otot yang lain.

Waktu Yang Tepat Melakukan Senam Kegel

Setelah mengetahui cara yang benar melakukan senam kegel, lalu kapan waktu yang tepat untuk melakukan senam kegel ? sebenarnya senam kegel dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. 

Untuk melakukan senam kegel juga tidak harus di tempat khusus, bahkan sahabat juga bisa melakukan senam kegel saat di mobil.


Hanya saja untuk mendapatkan hasil yang baik setidaknya sahabat harus melakukan senam kegel sehari  tiga set, dimana setiap set diulangi hingga 10 kali.

Manfaat Senam Kegel

Sudah tahu cara melakukan senam kegel, sudah tahu waktu yang tepat melakukan senam kegel, lalu apa sih manfaat dari senam kegel ? Senam Kegel memiliki banyak manfaat yang bisa sahabat dapatkan jika rajin melakukan senam kegel. Adapun manfaat senam kegel diantaranya adalah sebagai berikut.

Senam Kegel mampu mengkondisikan otot-otot di sekitar panggul agar lebih mudah menjalankan fungsinya seperti saat melahirkan dengan persalinan normal. 

Dengan melakukan senam kegel secara rutin dapat mencegah timbulnya wasir atau mengompol yang biasanya sering dialami oleh ibu hamil.


Senam Kegel dapat mencegah mengompol saat sedang batuk ataupun bersin. Senam kegel juga dapat mencegah terjadinya inkontinensi urin, atau sulit mengontrol buang air kecil karena bertambahnya usia. Selain itu senam kegel juga dapat membuat hubungan suami istri lebih harmonis.

Perlu diingat bahwa senam kegel tidak akan memberikan manfaat hanya dalam waktu sekejab. Jadi sahabat juga harus rajin melakukan senam kegel. 

Secara umum jika senam kegel dilakukan rutin tiga kali sehari maka manfaatnya akan bisa dirasakan 4 sampai 6 bulan setelahnya.


Jika memang belum merasakan manfaat dari senam kegel sahabat harus memperhatikan otot yang dilatih, bisa saja otot yang dilatih itu salah. Itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat, Cara dan Waktu Yang Tepat Melakukan Senam Kegel, semoga bermanfaat. Baca juga: Manfaat Produk NiteWork Herbalife


Scroll to top