Ini Manfaat Kacang Hijau Sebagai Pelangsing Tubuh Secara Alami

Ini Manfaat Kacang Hijau Sebagai Pelangsing Tubuh Secara Alami



Kacang Hijau yang memiliki nama lain Vigna Radiata, merupakan tumbuhan yang termasuk dalam suku polong-polongan yang memiliki segudang manfaat sebagai sumber bahan pangan berprotein tinggi dan juga untuk melangsingkan tubuh karena kacang hijau memiliki cukup banyak kandungan serat.

Di Indonesia, kacang hijau sebagai tanaman legum memiliki urutan ketiga setelah kedelai dan kacang tanah. Bagian terpenting dari kacang hijau adalah bijinya yang memiliki banyak manfaat. Biji kacang hijau selain mudah kita jumpai juga memiliki harga yang terbilang murah.

Selain itu biji Kacang Hijau bisa diolah menjadi beragam makanan enak namun menyehatkan jadi tidak heran jika kacang hijau menjadi salah satu makanan yang cukup banyak digemari. 


Lalu apa saja manfaat kacang hijau sehingga mampu melangsingkan tubuh ? Berikut adalah manfaat yang terkandung dalam kacang hijau yang bisa membantu menurunkan berat badan secara alami dan sehat.

Baca juga: Kalori Makanan

Kacang Hijau Sebagai Sumber Protein

Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati yang memiliki kandungan protein sangat banyak yakni sekitar 7 gram / 100 gram. Protein dalam kacang hijau mengandung asam amino yang lengkap sehingga bisa membantu dalam proses pertumbuhan.

Mengandung Lemak Sehat

Salah satu alasan kenapa kacang hijau dapat digunakan untuk melangsingkan tubuh karena kacang hijau mengandung lemak yang sehat. Kacang hijau mengandung asam lemak esensial omega-6 (119 mg/100 gr) dan omega-3 (0,9 mg/ 100 gr), dimana Omega-3 adalah asam lemak yang berfungsi menurunkan kolesterol dalam darah.

Kacang Hijau Rendah Karbohidrat

Karbohidrat memang biasanya dijauhi orang bertubuh gemuk, namun sahabat tidak perlu khawatir karena kacang hijau rendah karbohidrat sehingga sangat baik jika digunakan untuk program diet, karena karbohidrat yang terkandung dalam kacang hijau kurang lebih hanya 19 gr/100 gr.


Kaya Serat

Kacang hijau memiliki kandungan serat cukup tinggi yakni sekitar 7,6 gr/100 gr. Serat yang terdapat dalam kacang hijau tersebut akan membantu mengatasi masalah sembelit dan cocok menjadi menu diet sehat.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sebagai makanan yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, kacang hijau mampu membersihakan saluran pencernaan dan meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran yang tertimbun dalam usus.

Kacang Hijau Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Kacang hijau mengandung cukup tinggi asam folat dan vitamin B seperti B6, riboflavin, niasin dan asam pantothenat. Selain itu kacang hijau juga kaya akan mineral, 100 gram kacang hijau mengandung kalsium (27 mg), magnesium 0,3 mg, besi 1,4 mg, potasium 266 mg, manganese 48 mg, phosphorus 99 mg, selenium 2,5 ug, dan zinc 0,8 mg.

Kacang Hijau Mampu Menurunkan Berat Badan

Kandungan yang terdapat dalam kacang hijau seperti protein, serat, rendah karbohidrat serta lemak sehat dapat digunakan sebagai menu diet sehat, dengan begitu kacang hijau akan membantu menurunkan berat badan secara alami dan sehat. Kacang hijau bisa dijadikan sebagai menu harian selama program diet, dan untuk menggantikan nasi.

Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Kacang hijau bisa diolah menjadi kecambah yang banyak mengandung enzim aktif dan dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi pada saat proses metabolisme tubuh.

Pembentukan  Sel-Sel Tubuh

Kacang hijau mengandung banyak protein yang bisa membantu dalam pembentukan sel-sel tubuh, dan secara tidak langsung peran ini sangat bermanfaat dalam perbaikan pertumbuhan badan. Baca juga: Plateu, Saat Berat Badan Tidak Turun-Turun Lagi




Scroll to top