7 Manfaat Beras Merah Selain Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

7 Manfaat Beras Merah Selain Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami



7 Manfaat Beras Merah Selain Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami | Beras merah biasanya sering digunakan untuk menu diet sehat sebagai pengganti nasi putih. Beras merah memang termasuk kedalam jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat, tapi beras merah memiliki keunggulan dibandingkan beras biasa.

Secara kasat mata beras merah memiliki bentuk yang sama dengan beras putih hanya saja beras merah memiliki warna sedikit kecoklatan. Bicara mengenai harga, beras merah jauh lebih mahal ketimbang beras putih karena beras merah termasuk jarang dibudidayakan.

Cara pengolahan beras merah juga membutuhkan waktu lebih lama dari waktu memasak nasi putih, selain itu beras merah juga lebih keras sehingga kurang diminati oleh masyarakat. Namun jika menilik nilai gizinya beras merah jauh lebih unggul dari beras biasa. Karena beras merah memiliki gizi lebih baik yang tidak bisa kita dapatkan dari beras putih.

Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga beras merah cocok untuk menu diet yang alami. Sebagai sumber karbohidrat yang kompleks, sehingga akan membuat sahabat yang sedang dalam program diet akan merasakan kenyang lebih lama. Beras merah memiliki kandungan serta enam kali lipat lebih tinggi dibanding beras putih .


Selain itu beras merah juga mengandung mineral yang tinggi, vitamin B dan E, mengandung zat selenium, fenolat, asam amino triptofan, asam lemak alfalinolenat dan magnesium, beras merah juga rendah gula sehingga cocok untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Tidak hanya sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan saja, beras merah juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah 7 manfaat beras merah selain untuk menurunkan berat badan.

beras merah


Beras Merah Sebagai Pengontrol Gula Darah

Seperti sudah sempat disinggung bahwa beras merah cocok untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Beras merah baik untuk penderita diabetes karena memiliki kandungan serat lebih tinggi namun memiliki kalori lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih.

Mencegah Terjadinya Batu Empedu

Makanan tinggi serat dalam berbagai penelitian sering dikaitkan dengan pencegahan batu empedu. Serat memiliki sifat mudah dicerna sehingga akan membantu melarutkan sisa makanan untuk membentuk empedu yang sehat.

Beras Merah Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Magnesium adalah zat selain vitamin D dan kalsium yang memiliki peran penting menjaga kesehatan tulang dan gigi. Beras merah mengandung magnesium sehingga baik untuk menjaga kesehatan tulang.


Beras Merah Sehat Untuk Pencernaan

Karena beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat menyehatkan pencernaan dan bisa menghindari permasalahan kesehatan yang mungkin bisa muncul di masa mendatang. Dengan mengkonsumsi beras merah secara teratur sangat baik untuk usus dan melancarkan metabolisme tubuh.

Beras Merah Membantu Menurunkan LDL dan Meningkatkan HDL

Bagi Anda yang memiliki masalah kolesterol, wajib beralih ke beras  merah sebagai makanan pokok, karena beras merah bisa membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Sebagai Sumber Antioksidan

Beras merah adalah salah satu sumber antioksidan karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membantu membuang radikal bebas dalam tubuh.

Kemungkinan Beras Merah Dapat Mencegah Kanker

Beras merah mengandung selenium dan polifenol yang diyakini dapat mencegah kanker usus besar. Kandungan serta dan antioksidan yang tinggi dalam beras merah juga dapat membantu tubuh menghindari berbagai jenis kanker yang disebabkan karena radikal bebas.


Itulah tadi tujuh manfaat beras merah selain untuk menurunkan berat badan. Setelah melihat banyaknya manfaat dari beras merah, sudah siap mengganti makanan pokok Anda dengan merah ?



Scroll to top