10 Tips Memelihara Kesehatan Jantung Sepanjang Tahun

10 Tips Memelihara Kesehatan Jantung Sepanjang Tahun



Hubungan antara diet dan kesehatan Jantung telah ada cukup lama yang kebanyakan orang tahu apa yang membuat diet "jantung sehat". Strategi seperti mengelola berat badan Anda, menjaga jumlah lemak total dan lemak jenuh tetap berada di angka rendah, tidak terlalu banyak mengonsumsi garam, atau meningkatkan asupan serat Anda - semua telah menjadi pendekatan yang telah banyak dikenal untuk mempromosikan kesehatan Jantung.

Semua nasehat yang baik, memastikan: lemak jenuh dapat memberi dampak pada tingkat kolestrol Anda dan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah yang semuanya dapat meningkatkan resiko penyakit Jantung.

Pondasi dari diet Jantung Sehat cukup sederhana - seperti yang sudah kita ketahui sebagai diet yang seimbang. Berikut adalah sepuluh tips mudah untuk menjaga Jantung sehat sepanjang tahun.

Baca juga: Sudah Olahraga Berat Badan Tetap Naik, Ini Penyebabnya!

1   Konsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian serta kacang-kacangan yang memberikan vitamin, mineral, serat dan antioksidan.

2.   Nikmati protein sehat rendah lemak seperti produk susu rendah lemak, daging unggas, beberapa potong daging merah, serta protein nabati seperti kacang-kacangan. Hal ini akan membantu Anda menjaga lemak total dan asupan lemak jenuh Anda.

3.   Jaga total asupan lemak Anda di level rendah - idealnya, Anda ingin makan sejumlah yang Anda butuhkan untuk menambah rasa pada makanan.

4.   Ketika Anda makan makanan berlemak, Anda akan focus pada makanan yang sehat seperti ikan, kacang-kacangan, alpukat dan minyak zaitun; karena makanan tersebut adalah sumber makanan yang kaya akan lemak sehat omega 3. Makanan laut harus ada dalam pilihan menu makanan Anda sesering mungkin.

5.   Batasi tambahan lemak Anda dengan trimming dressing, spreads, saus dan makanan yang di goreng dari diet Anda kapanpun Anda bisa.

6.   Pilih karbohidrat sehat yang meliputi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Hindari makanan bertepung yang sudah diolah, dan isi piring makanan Anda dengan makanan kaya serat, kacang-kacangan, ubi jalar, berry, plum brokoli dan wortel - yang membantu menjaga kadar kolestrol sehat.

7.  Jika Anda tidak bisa memasukan bahan-bahan penting seperti buah-buahan, sayuran atau ikan, pertimbangkan lagi untuk menambahkan suplemen yang ditargetkan untuk diet Anda, multivitamin atau omega 3 minyak ikan.

8.   Turunkan tingkat stress Anda. Jika Anda berpikir aktivitas seperti yoga, meditasi dan pernapasan dalam tidak bekerja untuk Anda, pikirkan ulang! Management stress adalah bagian penting dari kesehatan jantung dan kegiatan menghilangkan stress ini dapat mengurangi risiko penyakit Jantung.

9.   Olahraga apapun itu jika dilakukan secara teratur tidak hanya membantu mengurangi stress, tetapi juga meningkatkan aliran darah ke Jantung.

10.  Berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko penyakit Jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes dan tentu saja memiliki dampak positif pada kesehatan Jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: Manfaat Produk NiteWorks Herbalife


Makan makanan yang lebih banyak buah-buahan, sayuran dan protein rendah lemak ditambah dengan olahraga dan cara pengurangan stress semua penting dalam mempertahankan jantung yang sehat. Secara keseluruhan, kebiasaan sehat ini memberikan kontribusi untuk kesehatan secara keseluruhan dan memungkinkan Anda untuk mengembangkan gaya hidup yang sehat yang bermanfat bagi Jantung dan seluruh tubuh," kata Bowerman.

Oleh: Herbalife's director of nutrition training and registered dietitian, Susan Bowerman, MS, RD, CSSD, FAND


Scroll to top