Ini Dia 5 'Korban' Operasi Bypass Lambung yang Tubuhnya Penuh Gelambir Kulit

Ini Dia 5 'Korban' Operasi Bypass Lambung yang Tubuhnya Penuh Gelambir Kulit



Operasi bypass lambung kini banyak dilakukan sebagai jalan pintas untuk menurunkan berat badan. Namun melakukan operasi saja tanpa dibarengi perubahan perilaku dan olahraga jutru bisa menimbulkan masalah baru, seperti kelebihan kulit di tubuh yang membuatnya bergelambir.

Operasi pengecilan lambung (bypass lambung) termasuk operasi besar yang mengubah anatomi lambung karena operasi ini harus dilakukan dengan merombak isi perut. Prinsipnya adalah mengecilkan kapasitas lambung sehingga perut terasa lebih cepat penuh.

Caranya adalah dengan membagi lambung menjadi 2, bagian atas yang lebih kecil dan bagian bawah yang lebih besar. Bagian bawah tidak digunakan, sedangkan bagian atas yang lebih kecil dibuatkan saluran langsung (bypass) ke usus kecil.

Operasi ini bisa membatasi jumlah makanan yang masuk ke tubuh, yang pada akhirnya menurunkan berat badan. Sayangnya, pada orang-orang yang berat badannya kelewat gemuk, operasi ini seringkali meninggalkan kelebihan kulit yang akhirnya membuat tubuh bergelambir.

Baca juga: Before After Wanita Ini Sangat Inspiratif

Berikut 5 'korban' operasi bypass lambung yang tubuhnya penuh gelambir kulit, seperti dirangkum dari detikHealth:

1. Paul Mason


Paul Mason pernah dinobatkan sebagai pria paling gemuk di dunia dengan berat badan mencapai 444,5 kg. Setelah menjalani operasi, berat badannya turun lebih dari setengahnya yaitu 254 kg. Namun ia tidak mendapatkan biaya untuk mengoperasi kulitnya yang kini tampak bergelambir.

Paulus Mason (53) asal Ipswich, Suffolk, Inggris, telah menyingkirkan lebih dari setengah berat badannya semula melalui operasi bypass lambung. Setelah operasi, berat badan mantan pria tergemuk di dunia ini tinggal 190,5 kg.

Dengan berat badan semula mencapai 444,5 kg, tentu jaringan kulit yang ada di tubuh Mason sangat lebar. Alhasil, kehilangan lebih dari setengah berat badan akan meninggalkan gulungan kulit yang cukup mencengangkan.

Namun NHS (National Health Service) Inggris menolak memberikan biaya untuk mengoperasi gulungan kulit di tubuh Mason yang tampak bergelambir.

2. Stephen Dockeril


Berat badan Stephen Dockeril semula mencapai 209,5 kg. Karena ingin langsing secara instan, ia pun melakukan operasi bypass lambung sebanyak dua kali. Benar saja, berat badannya memang sukses turun, namun akibatnya meninggalkan gelambir kulit di perut hingga selutut.

Tubuh Stephen Dockeril (48) berubah drastis setelah berat badannya turun hingga 95 kg. Tapi bukannya memuaskan, mantan pelatih supir ini malah mengaku tubuhnya tampak lebih buruk dibanding sebelum melakukan operasi.

Bagaimana tidak, lemak di tubuhnya memang sudah berkurang tapi meninggalkan sisa kulit di perut yang mencapai 13 kg. Kulit perutnya menggelambir hingga mencapai lutut, yang disebutnya sebagai 'kulit penutup neraka'.

Stephen mengaku hidupnya menjadi berat, karena gelambir kulit membuatnya kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari seperti berjalan, berpakaian, bahkan ke kamar mandi. Ia tak bisa lagi buang air kecil dengan berdiri, karena gelambir kulit juga menutup bagian kemaluannya.

3. Sarah


Sarah berhasil menghilangkan lemak di tubuhnya hingga 57 kg setelah menjalani operasi bypass lambung. Berat badannya memang turun drastis, tapi meninggalkan kelebihan kulit yang bergelambir di bagian perut.

Dengan kondisinya, Sarah masih merasa gemuk. Bukan gemuk lemak, melainkan gemuk karena gelambir kulit. Sarah mengajukan operasi lanjutan pada NHS, sayang permintaannya ditolak karena dianggap masih perlu menurunkan berat badan lagi untuk memenuhi syarat.

4. Gregg


Operasi bypass lambung memang berhasil membuat berat badan Gregg (30) turun drastis hingga 76 kg. Namun ia masih harus bekerja keras untuk menghilangkan gelambir kulit di tubuhnya.

"Karena menjalani operasi lambung, saya tidak akan belajar apa-apa. Rasanya seperti sebuah kecurangan. Butuh kerja serasa untuk langsing," tuturnya di acara 'My Baggy Body' Channel 4, seperti dilansir Daily Mail.

Untuk mengurangi gelambir kulit di tubuhnya, ia rutin berenang, latihan di gym setiap malam. Usahanya sedikit membawa perubahan setelah tiga tahun.

5. Pauline


Pauline juga salah satu 'korban' operasi bypass lambung. Berat badannya memang berhasil turun, tapi meninggalkan 14 kg gelambir kulit di bagian perut yang ia beri nama 'Fred'.

Berhati-hatilah dalam diet, pilih yang sehat. Bisa jadi berat badan turun, lemak turun, tapi badan hancur, mau? Baca juga: Gara-gara Diet, Wanita Ini Kurus Kering.



Scroll to top