Kenali Penyebab Perut Buncit Wanita dan Cara Mengatasi Perut Buncit !

Kenali Penyebab Perut Buncit Wanita dan Cara Mengatasi Perut Buncit !



Dietkualami.com – Hai.. sababat dietkualami.com sebelumnya dietkualami.com sudah menyampaikan tentang cara diet alami herbalife – mengecilkan perut buncit pada pria. Saatnya dietkualami.com membagikan seputar perut buncit pada wanita.

Pria dewasa yang sudah menikah memang cenderung banyak menumpuk lemak di perut, tapi wanita menopause lebih berpotensi banyak menumpuk lemak di perut. Hal ini karena rasio lemak terhadap perubahan perubahan otot disimpan lebih banyak di dalam tubuh.

Perlu anda ketahui pula bahwa pada usia subur, lemak akan cenderung menumpuk pada bagian pinggul dan paha. Sedangkan wanita pada usia pertengahan lemak akan cenderung mengumpul di bagian tengah.

Sempat disinggung pada artikel sebelumnya bahwa lemak subkutan yang berada persis di bawah permukaan kulit. Berbeda dengan lemak visceral yakni lemak yang berada lebih dalam di rongga perut, di pelapis ruang antara organ tubuh di bagian tengah. Jenis lemak Visceral fat erat hubungannya dengan penyakit jantung, diabetes, dan beberapa kanker.

Bertambahnya usia anda akan mempengaruhi metabolisme yang semakin penurun, hal ini mengakibatkan sulit terbakarnya kelebihan lemak anda, khususnya untuk wanita. Ada beberapa orang yang memiliki gen lebih condong menumpuk lemak pada tubuh bagian perut dan bagian tengah.

Sebenarnya lemak visceral ini juga memiliki fungsi, selain sebagai cadangan energy lemak visceral juga berperan sebagai temperature berbagai hormone dalam tubuh anda. Setiap tubuh manusia secara istimewa menyimpan lemak di mana pun berada, sejak balita sel-sel dalam tubuh anda sudah menyimpan lemak.

Bentuk Tubuh dan Faktor Hormon Mempengaruhi Perut Buncit

Dilansir dari Harvard Medical School, bahwa jika tubuh memiliki bentuk condong seperti buah pir yakni tubuh memiliki lebih banyak lemak pada paha dan bagian bawah tubuh, maka jenis tubuh ini cederung menyimpan lemak jenis Subkutan. Tetapi jika tubuh itu condong seperti bentuk apel yakni banyaknya lemak yang mengumpul pada bagian tengah tubuh, maka jenis tubuh ini cenderung memiliki lemak jenis Visceral Fat.

Saat menopause tubuh hormon tubuh anda akan memproduksi sel lemak ketika stress meningkat. Kortisol yang tinggi erat hubungannya dengan akumulasi lemak visceral, dan akumulasi dari lemak ini akan lebih berbahaya buat tubuh anda. Anda yang memiliki berat badan normal anda perlu tahu bahwa lemak dalam tubuh anda bisa saja bergeser. Pergeseran lemak ini bisa disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh anda.


Anda tak perlu takut dengan lemak bagian tengah yang menyebabkan perut buncit karena ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi hal itu. Salah satu cara terbaik agar perut buncit anda mengecil adalah dengan melakukan gerak secara rutin terutama olahraga. Olahraga yang teratur secara terus menerus akan efektif akan membuang timbunan lemak pada tubuh anda.

Harvard Medical School mengadakan penelitian bahwa seseorang yang tidak berolahraga akan mengalami kenaikan Viceral fat hampir 9 % hanya dalam waktu 6 bulan. Sedangkan orang yang melakukan olahraga dengan intensitas sedang lemak visceral tidak akan bertambah. 

Tapi menakjubkannya, orang yang berolahraga dengan intensitas tinggi lemak viceralnya akan berkurang. Dan untuk mendukung program DIET anda sebaiknya anda memakan makanan yang mengandung karbohdrat kompleks dibanding karbohidrat sederhana, karbohidrat olahan. HINDARI gula, lemak jenuh, dan lemak trans. Dan biasakan DIET dan pola makan yang SEHAT sedini mungkin. Baca juga: Tabel Kalori Yang Disederhanakan



Scroll to top