Jogging Yang Benar? Ini Dia Cara Jogging Yang Efektif dan Benar

Jogging Yang Benar? Ini Dia Cara Jogging Yang Efektif dan Benar



Kata Jogging memang sudah familiar di telinga kita bahkan kata Jogging mungkin sangat sering kita dengarkan atau kita ucapkan atau anda sudah sudah sering melakukan Jogging. Namun sudah yakin benarkah jogging yang anda lakukan ? Untuk mengetahui seputar Jogging, simak informasi seputar jogging di bawah ini.

Jogging merupakan latihan fisik yang sangat mudah dilakukan karena memang tidak memerlukan alat khusus, atau pun biaya selain itu jogging bisa dilakukan di mana saja. Kebanyakan orang melakukan jogging di pagi hari sambil mendengarkan music melalui earphone.

Jogging memiliki segudang manfaat diantaranya meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung anda. Selain itu gerakan jogging juga berguna untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan dapat mengingkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Jogging juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) , hal ini tentu efektif untuk diet anda dan merupakan cara melangsingkan tubuh yang alami.

Optimalisasi Gerakan Jogging untuk Mendapatkan Manfaat yang Optimal



Untuk mendapatkan hasil yang optimal anda perlu mengatur jogging anda agar berkualitas. Nah… berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda terapkan untuk itu.

  1. Mengatur Ritme Nafas. Saat menarik atau membuang nafas usahakan tubuh anda selalu dalam keadaan nyaman. Jangan sampai ada rasa berat atau nafas tersengal. Anda juga perlu memperhatikan kecepatan, kecepatan normal adalah 6 – 8 kilometer per jam. Ketika anda masih bisa bercakap-cakap sambil berlari, ini merupakan jogging dengan intensitas sedang atau aerobik. Berbeda dengan saat lari lebih kencang, anda tidak akan sempat bercakap-cakap.
  2. Perhatikan Denyut Nadi. Ketika anda jogging denyut nadi anda akan terpacu 64-76% dari denyut nadi maksimal. Denyut nadi maksimal dapat diketahui dengan mengurangkan angka 220 dengan usia anda. Misal saat ini anda berusia 24 maka 220-24=196. Jadi denyut nadi maksimal anda adalah 196.
  3. Lakukan Peregangan 3-5 Menit. Peregangan penting anda lakukan sebelum memulai jogging untu melemaskan otot-otot anda. Lakukan pula pemanasan dengan jalan cepat yakni sekitar 5-6 km/jam. Ketika anda sudah melakukan peregangan dan pemanasan anda sudah bisa langsung memulai jogging.
  4. Lakukan Pendinginan. Usai membakar lemak melalui aktifitas jogging yang banyak membuat tubuh anda terasa panas dan banyak mengeluarkan keringat anda perlu melakukan pendinginan. Lakukan pendingingnan kurang lebih selama 5 menit kemudian diikuti pendinginan.
  5. Lakukan Secara Teratur. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari aktifitas jogging anda. Lakukan rangkaian jogging secara rutin dan teratur. Jogging dengan intensitas yang baik adalah sebanyak 150 menit per minggu. Jika anda ingin melakukan jogging selama 30 menit setiap hari maka anda hanya perlu jogging selama 5 hari saja dalam seminggu. Dan ketika anda melakukan jogging selama 50 menit setiap hari maka dalam waktu seminggu anda bisa melakukannya selama 3 hari saja. Namun bila anda seorang pemula jogging atau sudah lama tidak melakukan jogging, maka anda peru melakukan hal ini sebelum memulai jogging lagi. Lakukan 1 menit jogging, 7 menit jalan, lakukan hal ini secara bergantian (selang-seling). Setela anda cukup bugar melakukan hal itu, maka anda perlu meningkatkan intensitasnya yakni 5 menit jogging dan 1 menit jalan.
  6. Berhenti Sejenak yakni ketika 15-20 menit untuk minum 200-250 cc air.

Itu tadi informasi seputar cara jogging yang benar dan efektif akan bermanfaat untuk melengkapi program diet anda jika anda memprakktekkannya, jika tidak, hanya akan jadi wacana semata...selamat mencoba ya...Baca juga: Turun 146 Kg, Pria Ini Jadi Legenda


Scroll to top