Buah dan Sayur Ini Punya Antioksidan, Bagus untuk Diet Alami !

Buah dan Sayur Ini Punya Antioksidan, Bagus untuk Diet Alami !



Mungkin anda sering mendengar istilah radikal bebas dan antioksidan, namun sudahkan anda mengerti maksudnya ?... yang belum tahu simak yuk sambil mengetahui berbagai jenis buah yang efektif dapat membantu program diet kamu.

Cari Tahu Yuk… Arti Radikal Bebas dan Antioksidan

Radikal bebas merupakan sesuatu yang cukup ditakutkan oleh banyak orang terutama wanita yang memperhatikan penampilannya. Radikal bebas adalah molekul perusak sel yang berperan dalam serangan arthritis, diabetes, stroke, penyakit jantung, dan kanker.

Dan tentu anda ingin terhindar dari penyakit ganas itu semua serta ingin hidup lebih sehat. Di sini peran antioksidan sangat penting dan sangat diperlukan untuk menangkal radikal bebas. Dan sumber Antioksidan alami bisa anda dapatkn dengan mudah yakni dalam clan makanan yang berwarna hijau. Warna hijau pada daun menandakan adanya banyak klorofil, klorofil ini berguna meningkatkan fungsi tubuh untuk menangkal bahaya radikal bebas. Jadi sukailah dan banyak-banyaklah mengkonsumsi sayuran berwarna hijau seperti bayam dan kangkung.

Macam-Macam Buah Antioksidan yang Efektif untuk Diet

Jika anda kurang tertarik dengan sayuran hijau, maka ada alternative lain untuk mendapatkan antioksidan alami yakni dengan mengkonsums buah. Buah-buahan berwarna terang banyak mengandung antioksidan.

Anda dapat mengkonsumsi buah-buah dengan antioksidan seperti yang berwarna merah seperti tomat, strawberry, jambu biji merah, atau papaya. Dan yang memiliki unsur warna jingga seperti wortel dan labu parang, serta warna kuning seperti pada jagung dan mangga. Terong dan anggur yang memiliki warna ungu juga bagus untuk menangkal radikal bebas karena juga memiliki antioksidan.

Baca juga: Cemilan Snack 100 Kalori Kebawah

Buah atau sayur yang memiliki warna terang kebanyak memiliki kandungan vitamin A, C, atau E. Vitamin ini bagus untuk mencegah penyakit kanker yakni dengan mencegah terjadinya kerusakan sel. Vitamin A, C, E dan senyawa seng (zink)bagus untuk mencegah radikal bebas karena memiliki sifat antioksidan. Radikal bebas ini merupakan hasil oksidasi lemak di mana oksidasi lemak dapat meningkatkan kadar LDL yang merupakan factor terjadinya penyakit degeneratif. Selain baik untuk antioksidan, buah serta sayur baik untuk menurunkan kolesterol karena memiliki banyak kandungan serat.

Berbagai Jenis Buah Berry 



NCI atau National Cancer Institute memberikan rekomendasi yakni setiap orang sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayur setidaknya sebanyak 5 kali dalam sehari. Karena memang sudah terbukti makanan alami seperti buah dan sayur sangat baik dan diperlukan untuk kesehatan tubuh apalagi untuk anda yang sedang menjalani program diet. Salah satu buah yang baik untuk tubuh anda sekaligus untuk diet anda adalah buah jenis berry.

Buah-buahan dari kelompok berry berry-an mengandung antioksidan yang alami diantaranya yaitu strawberry, blueberry, atau mulberry. Buah dari keluarga berry memiliki kandungan phytochemical, zat ini dapat membantu mencegah terjadinya sel mati. Buah ini juga dapat dapat memicu keluarnya hormone dopamine di mana bisa mengurangi tingkat stress.

Dengan rutin mengkonsumsi buah berry maka otot anda akan terkontrol lebih baik, kestabilan tekanan darah pun akan terjaga, dan penampilan anda pun akan terlihat muda. Jangan lupa tetap lakukan diet sehat dengan menu berimbang sehingga anda pun bisa memprotect tubuh anda dengan hal-hal baik dan menghindari kelebihan radikal bebas dalam tubuh anda.

Bukan hanya buah, tubuh anda juga butuh cukup protein, karbohidrat, dan nutrisi lainnya untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang seimbang sekaligus untuk diet. Nutrisi dapat anda dapatkan dalam Shake yang praktis namun memiliki kandungan nutrisi yang baik.



Scroll to top