Berikut Adalah Penyebab Melambatnya Metabolisme Tubuh Anda

Berikut Adalah Penyebab Melambatnya Metabolisme Tubuh Anda



Salah satu resiko dari melambatnya metabolisme tubuh adalah mudahnya seseorang mengalami kenaikan berat badan dan susah menurunkannya. Metabolisme sendiri adalah suatu proses dimana tubuh bekerja mengolah makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh. Jika metabolisme melambat berarti kalori yang terkandung dalam makanan akan sulit diubah menjadi energi hingga akhirnya menumpuk dalam tubuh berupa cadangan lemak.

Nah, beberapa hal berikut adalah Penyebab Melambatnya Metabolisme Tubuh Anda;

1. Melewatkan Jam Makan
Lagi diet? pasti gak makan kan? wajar saja, karena niatnya ingin mengurangi kalori bukan? tapi ternyata hal tersebut malah berimbas pada metabolisme Anda, hingga walaupun nantinya berhasil turun berat badan, akan membuat Anda cepat naik berat kembali. Setiap hari tubuh kita butuh kalori, jika kalori yang masuk terlalu rendah, maka tubuh akan mengambilnya dari jaringan otot.

2. Massa Otot Yang Rendah
Akibat dari melawatkan jam makan berimbas pada melemahnya otot. Massa otot yang tinggi akan mempercepat metabolisme tubuh karena otot lebih banyak menggunakan energi daripada lemak.

3. Kurang Zat Besi
Zat besi merupakan nutrisi penting dalam tubuh yang berfungsi membawa oksigen ke otot agar dapat membakar lemak dengan maksimal. Orang yang kekurangan zat besi akan lebih cepat lemas dan melambatnya metabolisme. Biasanya terjadi pada wanita yang sedang menstruasi.

4. Sering Bergadang dan Tidur Siang
Orang yang sering bergadang akan memicu melambatnya metabolisme tubuh hal ini karena tubuh yang harusnya beristirahat untuk menjalankan siklusnya malah tidak diberikan. Sementara orang yang sering tidur siang akan membuat metabolisme melambat karena waktu siang adalah waktu tubuh untuk memproses setiap makanan yang masuk, makanya banyak orang disiang hari makan lebih banyak.

Demikian Penyebab Melambatnya Metabolisme Tubuh Anda. Jika punya pertanyaan seputar diet sehat, Anda bisa ajukan disini: Rubrik Tanya Jawab Seputar Diet Sehat


Scroll to top