Ternyata, Makanan Ini Baik Untuk Cemilan Diet Sehat Anda

Ternyata, Makanan Ini Baik Untuk Cemilan Diet Sehat Anda



Salah satu tantangan paling berat saat menjalankan program turun berat badan adalah menghindari cemilan. Sebenarnya, ngemil malah dianjurkan saat menjalani program diet, hal ini berguna untuk menjaga tingkat metabolisme tubuh agar tetap stabil. Ngemil juga berkhasiat agar kita tidak kelewatan saat menyantap makanan besar sehingga mengkonsumsi lebih banyak kalori yang bukan pada tempatnya.

Meski ngemil dianjurkan, bukan berarti Anda boleh memasukkan makanan seperti keripik, biskuit coklat, wafer, kacang goreng dan sebagainya. Ngemil yang dianjurkan disini adalah mengkonsumsi makanan yang mengenyangkan tapi berkalori rendah dan kaya akan nutrisi.

Nah, salah satu contoh makanan yang kaya akan nutrisi, mengenyangkan dan rendah kalori adalah ubi. Tanaman dari kelompok umbi-umbian ini biasa dikonsumsi sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. Selain enak dan mengenyangkan, ternyata ubi juga menyimpan banyak nutrisi yang bermanfaat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal.

Ubi juga terkenal dengan kandungan serat yang cukup banyak dan perlu waktu lama bagi tubuh untuk mencernanya sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama hingga mencegah kita untuk terus ngemil makanan lain dan tidak makan berlebihan karena kandungan kalori yang terdapat dalam ubi berkisar antara 90 sampai 100 kalori. Jumlah kalori ini lebih rendah daripada kentang atau kentang goreng yang berkalori 300 sampai 400 kalori persajiannya.

Ubi tinggi akan karbohidrat, tapi juga mengandung karotenoid yang membantu menstabilkan kadar gula dalam darah dan menurunkan resistensi insulin. Karotenoid juga meningkatkan produksi adiponectin, hormon yang bertugas mengatur kadar gula darah. Selain itu, ubi termasuk makanan yang rendah indeks glikemik-nya. Artinya meskipun manis, tidak membuat lonjakan gula dalam darah seperti ketika Anda makan cake, permen atau cokelat susu. Dengan begitu hasrat untuk makan makanan manis ketika gula darah menurun pun berkurang.

Selain itu, ubi juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga perut terasa lebih penuh dan mengurangi penumpukan air dalam tubuh serta mencegah berat badan naik kembali setelah turun.

Namun penyajian ubi untuk cemilan diet disini juga harus diperhatikan baik-baik pengolahannya. Agar semua manfaat yang ada dalam ubi terasa maksimal, usahakan untuk tidak mengkonsumsinya dengan cara digoreng karena akan mengurangi setengah dari kandungan nutrisinya dan mengkonsumsi dengan cara ini hanya membuat anda menambah karbohidrat serta lemak. Cara paling efektif adalah dengan merebus atau mengukus tanpa dikupas kulitnya. Cara ini berfungsi untuk mencegah ubi kehilangan nutrisi dan mempertahankan rasa manisnya.

Selain sebagai cemilan, ubi juga bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Namun tetap harus diperhatikan bahwa saat mengkonsumsi nya harus tanpa penambahan bahan-bahan berlemak dan berkalori tinggi seperti menjadikannya kolak, menambah gula dan mentega. Cukup rebus atau kukus dengan menambahkan sedikit garam, merica atau rempah-rempah lainnya.

Itu dia cemilan sehat yang bisa dijadikan alternatif selama diet anda. Punya pertanyaan seputar diet sehat? mari ajukan disini; Rubrik Tanya Jawab Seputar Diet Sehat.


Scroll to top