Cara Mengontrol Rasa Lapar

Cara Mengontrol Rasa Lapar




Kebanyakan orang gagal dalam program diet adalah karena tidak mampu menahan rasa lapar. Mereka mungkin bisa melakukannya selama 2-3 hari atau bahkan 1 minggu pertama. Tapi setelah itu biasanya dietnya bubar.

Kesalahan awalnya terletak pada pemahaman akan rasa lapar itu sendiri. Sebagian orang hanya menafsirkan bahwa lapar adalah ketika perut membutuhkan makan dan energi berkurang.

Di sisi lain, kalau anda makan untuk alasan diluar rasa lapar, contohnya kalau lagi lapar, bosen, itu namanya bukan rasa lapar yang sesungguhnya. Lapar itu beda dengan rasa kepengen makan. Kalau anda ingin makan karen kebetulan ngeliat sesuatu yang enak atau membaui makanan yang sedap, itu bukan lapar beneran tapi lapar mata. Maka saya sendiri menggolongkan lapar disini jadi 2. Lapar beneran dan lapar bohongan. Cara mendeteksinya gampang. Untuk lapar beneran, saat terasa lapar cobalah minum air putih 1 atau 2 gelas, setelah minum anda masih merasa lapar berarti Anda lapar beneran, silahkan makan. Sedangkan lapar bohongan jika setelah minum tidak lapar lagi berarti Anda bukan lapar tapi haus.

Berikut cara untuk mengontrol rasa lapar beneran:

Perbanyak Jumlah Protein Protein saat Makan. 
Protein akan lebih memuaskan rasa lapar jauh lebih baik dibanding karbohidrat atau lemak. Jadi coba sertakan protein di saat makan atau cemilan anda. Protein bukan saja bekerja baik di sistem pencernaan tapi juga membantu memberikan signal kepada otak yang membuat anda merasa puas dan fokus secara mental.

Makanlah Makanan yang tinggi serat dan air.
Air dan serat tidak berkalori / rendah kalori, tapi makanan ini akan membuat anda merasa kenyang. Sayuran, kecuali sayuran yang bertepung spt kentang dan jagung, memiliki kalori lbh sedikit karena mengandung lbh banyak serat dan air. Buah yang berair seperti melon dan nanas dan buah yang mengandung serat seperti berries.

Olahraga
Olahraga kalau dilakukan dengan benar akan membantu mengurangi rasa lapar. Apa artinya olahraga yang benar? Artinya anda sudah memberikan bensin / bahan bakar dan nutrisi yang tepat ke badan anda. Kebanyakan orang berdiet dengan cara olahraga dan mengurangi makanan dan kalori secara ekstrim yang ujung2 malah membahayakan kesehatan mereka. Untuk melihat nutrisi yang anda bisa sertakan ke dalam gaya hidup sehat anda, silakan klik link ini: www.yuksarapan.com

Minum air putih.
Saat anda kekurangan air putih, badan anda akan memberikan signal seperti rasa lapar. Untuk kebanyakan orang, mereka mengira mereka lapar dan akhirnya makan. Padahal badannya cuma perlu air putih. Untuk menghindari hal ini, pastikan anda minum air putih yang cukup sekitar 8 gelas per hari.

Makan dalam jumlah sedikit tapi dengan frekuensi yang lebih sering. 
Saat anda makan dalam jumlah sedikit tiap 3 jam akan membuat kadar gula dalam badan anda lebih stabil. Ini penting, karena kalau anda tidak makan atau nahan lapar dalam jangka waktu lama, kadar gula anda akan drop dibawah normal. Penurunan kadar gula akan membuat anda merasa lapar dan keinginan makan menjadi lbh besar.

Scroll to top