5 Penyebab Kita Makan Berlebihan

5 Penyebab Kita Makan Berlebihan




Berikut saya coba uraikan beberapa Penyebab Kita Makan Berlebihan. Untuk mengatasinya Anda bisa baca artikel tentang solusinya di Cara Tepat Menghindari Sifat Rakus Saat Makan.

1. Makan Terlalu Banyak Karena Terlena
Ini mungkin salah satu alasan paling umum yang mengakibatkan orang makan terlalu banyak, sebagian kita terkadang saat menikmati makanan justru tidak fokus alias terlena dengan hal-hal lain seperti; Menonton Televisi, Mengobrol, Mengemudi, Browsing Internet, Main Hp, Telponan dan hal-hal lainnya yang mengakibatkan kita tidak sadar akan apa yang ada di piring atau tempat makan kita. Efeknya, saat makanan habis dipiring kita akan mencari makan lain untuk terus dilahap.

2. Makan Terlalu Banyak Karena Rasa Ingin Menghabiskan
Sebagian besar dari kita cenderung makan apa pun yang kita sedang disajikan - apakah itu sedikit atau banyak. Jadi jika Anda mengisi piring Anda dengan porsi besar, maka cenderung Anda akan makan semuanya. Jika Anda ingin makan lebih sedikit, proses dimulai saat Anda meletakkan makanan yang sedikit pula pada tempat makan Anda.

3. Makan Terlalu Banyak Karena Merasa Terlalu Lapar 
Terkadang kita tidak bisa membedakan mana yang lapar beneran dan mana yang lapar bohongan sehingga akhirnya kitapun merasa diri terlalu lapar hingga ujung-ujungnya makan pun berlebihan saat berhadapan dengan makanan.

4. Makan Terlalu Banyak Karena Stress
Pada sebagian orang menduga bahwa stres adalah pemicu kegemukan. Faktanya, stress tidak akan membuat Anda gemuk. Tapi dengan stress Anda akan makan berlebihan sehingga membuat Anda makin gemuk. Saat Anda stres, ada hormon tertentu dalam tubuh Anda yang meningkat sehingga Anda akan lebih cenderung menjadikan makanan sebagai solusinya.

5. Makan Terlalu Banyak Karena Makan Terlalu Cepat
Saat Anda makan dengan terburu-buru atau tergesa-gesa alias terlalu cepat, otak Anda akan susah untuk mengirimkan sinyal kenyang kepada Anda. Awalnya mungkin Anda akan aman-aman saja, tapi saat makan mulai ludes, Anda akan berkata "kenyaaaaaang" disitulah awal mula Anda merasa kelelahan dan mengantuk. Ibaratnya orang yang bekerja cepat dan keras pasti akan merasa capek, begitu juga saat sedang makan jika dilakukan dengan cepat makan akan cepat pula capeknya.

Demikian 5 Penyebab Kita Makan Berlebihan. Semoga bermanfaat, ketahui juga
Cara Tepat Menghindari Sifat Rakus Saat Makan



Scroll to top