Cara Tepat Menghindari Sifat Rakus Saat Makan

Cara Tepat Menghindari Sifat Rakus Saat Makan



Merasa terlalu banyak makan atau rakus saat menyantap makanan? Ingin agar terhindar dari yang demikian? Maka yang harus kita lakukan pertama sekali adalah mengetahui mengapa kita terkadang makan terlalu banyak pada satu kesempatan?. Banyak kita jumpai hal ini saat mengunjungi kondangan atau pesta, perhatikan piring kita, terkadang piringpun sudah berbentuk seperti mangkuk yang penuh dengan makanan.

Menghilangkan kebiasaan makan berlebihan adalah kunci utama untuk kita yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat. Berikut 5 hal yang akan membantu Anda untuk menghilangkna kebiasaan makan berlebihan,  jika belum tahu Penyebab Kita Makan Berlebihan. Baca dulu ya di Penyebab Kita Makan Berlebihan..

1. Batasi Waktu Makan Anda
Sisihkan sekitar 10 atau 20 menit hanya untuk makan berat Anda seperti makan pagi, siang dan malam. Jangan membiasakan diri makan sedangkan Anda sedang melakukan aktivitas lain seperti menonton televisi, internetan dan lainnya. Dengan membatasi waktu makan Anda, Anda akan begitu menikmati setiap jengkal makanan yang ada dipiring Anda.

2. Letakkan Makanan Dipiring/Tempat Makan Secukupnya Saja
Coba menempatkan sekitar 20% lebih sedikit makanan di piring Anda dari yang biasa Anda lakukan. Kalau saya sendiri sejak menjalankan program diet sehat sudah menerapkan bahwa setiap saya makan, saya hanya meletakkan sedikit saja nasi dipiring saya dan selebihnya adalah lauk pauk. Cobalah gunakan piring yang lebih kecil, atau bahkan mangkuk kecil, untuk membantu Anda mengontrol ukuran porsi Anda.

3. Segera Deteksi Rasa Lapar
Hal penting saat Anda merasa Anda sedang lapar adalah mendeteksi bahwa Anda sedang lapar atau tidak, caranya cukup dengan minum air putih, jika setelah minum masih terasa lapar itu tandanya Anda sedang lapar, tapi jika tidak berarti Anda sedang haus bukan lapar. Anda tidak perlu harus makan pada jadwal, tetapi tubuh Anda akan membiarkan Anda tahu kapan ia membutuhkan bahan bakar. Bagi kebanyakan orang, terjadi setiap 3-4 jam. Merencanakan tidak hanya apa yang Anda akan makan, tetapi berpikir tentang camilan sehat. Dan mencobalah untuk memasukkan sedikit lebih banyak protein setiap kali Anda makan karena fungsi dari protein adalah menekan rasa lapar atau kenyang yang lebih lama.

4. Saat Stress Muncul, Hindari Makanan
Stress adalah salah satu pemicu kita sering menghabiskan makanan lebih banyak dengan cara mengemil. Segera atasi stress Anda dengan tidak hanya berdiam diri disuatu tempat. Panggil seorang teman, berjalan-jalan atau membuat secangkir teh. Luangkan waktu sejenak untuk merenungkan perasaan Anda tanpa menghakimi sehingga Anda  tidak merasa kesepian dan bosan. Menjauhlah dari makanan saat stress menghadap. Saya sendiri mengatasinya dengan membaca atau menulis bukan dengan makanan. Hehehhee....

5. Hindari Makan Terlalu Cepat
Resikon Anda makan terlalu cepat maka respon otak akan melemah dan tidak mengirimkan sinyal kenyang pada Anda. Akibatnya, Anda akan malas beraktivitas selesai makan. Cobalah makan perlahan dengan mengunyah makanan sehalus mungkin. Jika iseng coba hitung berapa lama kunyahan Anda. Kunyahlah makanan sebanyak 33 kali. Hal ini akan menyebabkan Anda menikmati makanan Anda. Jika merasa terburu-buru, ikuti langkah kedua yaitu dengan tidak meletakkan banyak makanan di tempat makan Anda.


Demikian Cara Tepat Menghindari Sifat Rakus Saat Makan. Semoga bermanfaat, ketahui juga 5 Penyebab Kita Makan Berlebihan.



Scroll to top