Tidak Sarapan Sebabkan Gagal Diet

Tidak Sarapan Sebabkan Gagal Diet



Saat Anda tidak sarapan, gula darah Anda akan turun atau drop di bawah tingkat normal. Anda akan merasa kelaparan dan penurunan tingkat energi. Anda akan kembali mengonsumsi karbohidrat simple untuk mendapatkan peningkatan kadar gula dengan cepat untuk mengatasi rasa lapar dan penurunan energi yang Anda alami. Karbohidrat simple ini akan menyebabkan kenaikan level kadar gula dalam darah secara mendadak yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar.

Insulin akan mengambil kelebihan gula dalam darah dan merubahnya menjadi lemak. Hasilnya adalah penurunan kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

Namun sayangnya, akhir-akhir ini beredar bahwa tidak perlu sarapan pagi karena tidak ada hubungannya dengan metabolisme dan tidak sarapan pagi tidak akan membuat Anda makan berlebihan.



Inilah kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh mereka yang melakukan diet dengan alasan agar mampu mengurangi asupan kalori. Tapi faktanya, mereka akan makan berlebihan dijam-jam tertentu. Diet sehat bukanlah tidak makan, akan tetapi mengganti makanan kita dengan yang lebih sehat agar berat badan turun dengan normal dan kesehatan tetap terjaga.

Riset di Harvard University AS menunjukkan, orang yang teratur sarapan pagi memiliki kecenderungan hingga 50 persen tidak mengalami kegemukan ketimbang mereka yang melewatkan sarapan. Namun apa yang menjadi sarapan pagi juga harus benar-benar diperhatikan. So, Sudah sarapan pagi ini?


Scroll to top