Diet Tanpa Lapar

Diet Tanpa Lapar






Rasa lapar dan kenyang kita diatur berdasarkan informasi yang dikirimkan ke otak bahwa kecukupan zat makanan/nutrisi tubuh sudah terpenuhi dengan makan.  Penelitian menunjukkan bahwa pusat lapar/kenyang di otak tersebut bisa diatur.

Rasa lapar sendiri disebabkan oleh 3 hal yaitu turunnya gula darah, lambung kosong, dan aroma makanan.

Dari fakta diatas, dikembangkanlah beberapa metode diet  yang bisa membahayakan kesehatan. Sebut saja metode makan kapas , menelan balon dan pengecilan lambung. Metode diet ini memberikan rasa kenyang sehingga menghindarkan kita dari makan berlebih, tapi apakah aman?

Bahaya metode diet tersebut adalah:


  • Mal nutrisi (kekurangan nutrisi) sehingga tubuh lemas dan berkurangnya daya tahan tubuh
  • Menyebabkan kerusakan organ dan syaraf dalam jangka waktu panjang

Walaupun begitu, tidak sedikit orang yang rela melakukan diet yang salah kaprah tersebut. Padahal sebenarnya ada cara mudah dan aman untuk diet dengan kenyang. Diantaranya:

  1. Makan perlahan. Otak membutuhkan 20 menit untuk menangkap sinyal kenyang. Jadi jangan menambah porsi makan secara terburu2 kalau anda merasa belum kenyang. Lambung anda hanya sebesar kepalan tangan, harusnya 1 porsi makanan sudah cukup.
  2. Air putih. Rasa haus dan rasa lapar diartikan SAMA oleh tubuh sebagai lapar bukan lapar dan haus. Untuk itu, bila merasa lapar, minum 2-3 gelas air terlebih dahulu. Biasanya, lapar akan hilang dengan sendirinya. Minum 1-2 gelas sebelum makan juga bisa mencegah kita makan berlebihan.
  3. Jenis makanan. Nutrisi berikut membantu agar kenyang lebih lama, Protein, karbohidrat kompleks, lemak baik, dan serat. Jenis makanan ini DICERNA lebih lama, sehingga membuat anda kenyang lebih lama dan membuat gula darah lebih stabil.
  4. Jangan asal makan. Penuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, namun tetap memperhatikan jumlah kalori yang cukup. Dengan kata lain, perhatikan kualitas bukan kuantitas. Pilihan TEPAT adalah Nutritional Shake Mix Formula 1 Herbalife. Per saji hanya 80 kalori tapi memenuhi 70% kebutuhan tubuh. Cocok bagi yang sedang berdiet/ menurunkan berat badan. Gula darah tidak akan melonjak dan membuat anda kenyang lebih lama.
  5. Kenali dan hindari emotional eating, misalnya lapar karena mencium aroma makanan, bosan dan stress. Kelola stress dengan baik dan biasakan untuk berolahraga.


Scroll to top