Sering Dikonsumsi Saat Diet ! Berapa Kalori Buah Naga Sebenarnya ?

Sering Dikonsumsi Saat Diet ! Berapa Kalori Buah Naga Sebenarnya ?



Buah naga, yap… buah yang namanya seperti nama binatang ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Warna kulitnya yang mencolok dan bentuknya yang besar serta rasanya yang manis membuat buah ini banyak disukai oleh masyarakat. 

Baca juga: Gado-gado, Makanan Khas Indonesia yagn Tinggi Kalori

Buah naga ini ada yang berwarna putih, kuning, maupun merah keunguan. Nah, jika anda sering makan buah naga, sudah tahukah anda kalori buah naga tersebut? jika belum tahu, yuk simak informasi berikut ini tentang kalori buah naga.

Buah naga yang berukuran 100 gram setidaknya mengandung 10 kalori. Di dalam daging buah naga terdapat biji buah naga berwarna hitam yang berukuran kecil-kecil, biji tersebut bisa di makan namun dalam lambung biji buah naga tersebut tidak ikut dicerna. 

Kalori buah naga memang rendah, dan buah naga juga mengandung 0,9 serat, serat tersebut belum mampu memunuhi kebutuhan serat harian tubuh kita karena tubuh setidaknya perlu 25 – 38 gram serat per hari. Selain kalori buah naga dan serat, buah naga juga mengandung protein 0,09 gram dan lemak 0,6 gram.

Buah naga juga mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama vitamin C sebesar 10-12% dari total kebutuhan harian tubuh. Selain itu buah naga juga mengandung vitamin B1 yang bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh dan energi, vitamin B2 yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, dan vitamin B3 yang bermanfaat mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah dan membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Baca juga: Tips Memenuhi Asupan Serat Tubuh Anda

Selain kalori buah naga yang rendah dan banyak vitamin, buah naga juga mengandung mineral dan antioksidan. Dalam 100 gram buah naga terdapat 8,8% kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari, di mana kalsium memiliki banyak manfaat kebaikan untuk kesehatan tulang dan gigi. Kandungan zat besi dalam buah naga sebesar 3,6% dari total kebutuhan tubuh wanita dan 8,1% untuk pria. 

Kalori buah naga yang rendah diikuti pula oleh rendahnya kandungan riboflavin, niasin, dan fosfor. Antioksidan yang terdapat dalam buah naga terutama buah naga yang berwarna merah keunguan ialah antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit dan organ tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain kalori buah naga yang rendah dan manfaat buah naga yang banyak, buah naga juga bisa menjadi alternatif alami sebagai pewarna makanan. Zat Betalain sebagai antioksidan dan pemberi warna merah keunguan pada buah naga tidak akan mempengaruhi rasa makanan.

Manfaat buah naga yang banyak dan kalori buah naga yang rendah membuat buah ini cepat popular. Mulanya buah naga ini tumbuh di daerah Meksiko dan Amerika Tengah, kemudian dengan segera menyebar di berbagai belahan dunia termasuk di Asia. 


Buah naga dapat tumbuh baik di daerah yang beriklim panas, karena memang buah naga ini adalah jenis tumbuhan kaktus yang bisa tumbuh hingga 20 meter. Buah naga bisa menghasilkan bunga 3-6 kali dalam setahun dan penyerbukannya dibantu oleh hewan-hewan nocturnal, karena bunga buah naga mekar pada malam hari.

Nah, itu tadi manfaat buah naga, karena kalori buah naga itu rendah, maka buah naga ini cocok dikonsumsi oleh orang yang ingin diet. Bagi anda yang sedang dalam program diet, selain mengkonsumsi nutrisi diet, ada baiknya anda juga mengkonsumsi buah naga. Semoga artikel ini bermanfaat buah anda semua. Baca juga: Suka Nasi Uduk? Yuk, Lihat Kalori Nasi Uduk Berikut!


Scroll to top