Kalori Burger Tinggi? Simak Tips Atasi Kalori Burger

Kalori Burger Tinggi? Simak Tips Atasi Kalori Burger



Burger… ya, siapa yang tidak mengenal burger. Makanan yang satu ini memang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia khususnya anak kecil, namun tak terkecuali orang dewasa pun juga banyak yang menyukai burger.

Burger merupakan salah satu makanan racikan dari berbagai jenis bahan, pada umumnya burger terbuat dari racikan roti, ayam, sayuran biasanya lectuce mentimun tomat, dan juga daging, ada yang daging ayam ataupun daging sapi.

Namun dewasa ini burger berkembang menjadi makanan yang memiliki banyak varian salah satunya adalah burger mie. Namun di sini saya tidak akan membahas macam-macam burger, tetapi saya akan mengulas kalori burger, dan berapa banyak kalori yang terkandung dalam burger, yuk simak informasi selengkapnya.

Baca juga: Dibalik Nikmatnya Nasi Padang, Ini Kandungan Kalori Nasi Padang

Burger Ayam per 1 porsi (127,96 gram) mengandung kalori 381 kkal dengan lemak sebanyak 19,27 gram, kolesterol 11,57 mg, protein 12,52 gram, dan karbohidrat sebanyak 12,52 gram. Dari 381 kalori setidaknya mengandung 46% lemak, 41% karbohidrat, dan 13% protein. Sedangkan untuk varian cheeseburger mengandung 300 kalori dengan rincian kalori 36% lemak, 44% karbohidrat, dan 20% protein.

Nah itu tadi informasi tentang kalori burger, kalau makanan yang serupa dengan burger tapi tak sama, tentu anda tahu bukan? Iya betul, hot dog. Burger dan hot dog sama-sama masakan racikan dari berbagai kombinasi bahan makanan. Burger dan hotdog sama-sama menggunakan roti dan sayuran serta saus, yang membedakan adalah adanya daging pada burger dan adanya sosis pada hotdog. Hotdog yang berukuran kecil tentu memiliki kalori yang lebih rendah disbanding kalori burger. Hotdog berukuran normal memiliki kalori sebanyak 270 kkal.



Namun hotdog ini memiliki kandungan zat garam atau sodium sekitar 500 mg, sosis biasanya juga mengandung sodium nitrate yang memicu terjadinya kanker. Sedangkan burger mengandung sodium lebih rendah dari pada hotdog yakni 375 mg saja. Dengan demikian, burger dan hotdog dengan porsi normal, bisa jadi lebih sehat burger meskipun burger memiliki kalori yang lebih tinggi.

Bagi anda yang suka atau gemar banget makan burger, anda perlu menyiasati agar burger yang anda makan itu sehat dan tidak menyebabkan dampak buruk pada tubuh anda, simak tips berikut ini.

  1. Dalam satu waktu, hindari makan double burger atau tripel burger, apalagi kalau anda makannya sendirian.
  2. Jika ada, maka pilih dan gunakan mayonnaise yang low fat dan konsumsi dalam jumlah yang secukupnya.
  3. Perbanyak sayur dalam 1 porsi burger anda, terutama sayur yang berkalori rendah.
  4. Anda juga bisa mengkonsumsi vegetarian burger.
  5. Ketika memakan burger, anda perlu memperhatikan makanan pendamping, frenc fries dan cola tidaklah tepat, sebaiknya konsumsi air putih saja.
  6. Kalau anda ingin menambahkan keju, pilihlah keju yang mengandung low fat.
  7. Jika anda ingin lebih sehat lagi, anda bisa membuat burger sendiri sehingga anda bisa memperkirakan bahan apa saja yang sehat untuk tubuh anda.

Baca juga: Kesalahan Cara Berfikit Tentang Perut Buncit

Nah, itu tadi tips yang bisa saya sampaikan untuk mengurangi kalori burger, selamat mempraktekkan ya.. semoga informasi tentang kalori burger bermanfaat untuk anda semuanya. Jangan lupa share artikel ini, untuk menebar manfaat kepada yang lain.


Scroll to top