Beberapa Trik Agar Berpuasa Menjadi Lebih Segar Seharian

Beberapa Trik Agar Berpuasa Menjadi Lebih Segar Seharian



Bulan Ramadhan menuntut umat muslim berlomba-lomba dalam beribadah. Siang-malam memperbanyak amalan ibadah lebih dari bulan lainnya.

Siapa sangka, asupan gizi dan nutrisi yang salah, justru menghambat kita dalam beribadah? Berikut adalah makanan ‘pantangan’ saat puasa yang biasa dikonsumsi oleh kita:

Baca juga: Ini yang Terjadi Ketika Tubuh Berpuasa

Hindari Sahur dengan Mie Instan

Mie instan kadang menjadi menu sahur di kalangan umat muslim di Indonesia. Selain penyajiannya yang cepat juga rasanya nikmat. Tapi tahukan Anda bahwa mie instan kecil nilai gizi, nutrisi dan protein?

Bahan dasar mie instan adalah tepung. Tepung mudah dicerna, membuat kita cepat lapar kembali. Selain itu, menggunakan zat pengawet, tak baik untuk tubuh.

Hindari Sahur dengan Gorengan

Sebaiknya Anda hindari makan gorengan,karena makanan yang digoreng itu mengandung lemak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh, maksudnya berat untuk dicerna dalam keadaan puasa.

Baca juga: Ini yang Terjadi Bila Tubuh Berpuasa

Selain menguras energi karena membutuhkan waktu lama untuk dicerna, makanan gorengan dan berlemak ini akan menyebabkan Anda cepat merasa ngantuk.

Rasa ngantuk tersebut disebabkan oleh menurunnya aliran darah pada tangan dan kaki. Tentunya, Anda tak ingin merasa cepat ngantuk saat berpuasa dan beraktivitas, bukan? Karena itu, sebaiknya hindari makanan gorengan dan berlemak saat sahur.

Hindari Sahur dengan Nasi

Waduh, yang satu ini sepertinya berat ya? Selain jadi menu pokok buat masyarakat Indonesia, nasi adalah makanan turun-temurun dari nenek moyang. Tapi, tahukah Anda bahwa kandungan karbohidrat yang berlebihan tak baik saat berpuasa?

Baca juga: Download Gratis Ebook Diet Ramadhan



Nasi mengandung glukosa yang tinggi. Bila Anda mengkonsumsi saat sahur, Anda akan merasa ngantuk dan cepat lapar saat siangnya.

Turunan dari olahan nasi seperti nasi goreng, nasi uduk atau nasi kebuli juga sama: Hindari. Sebagai pengganti nasi, Anda bisa mengikuti program diet ramadhan yang kami siapkan, baca: Paket Ramadhan



Scroll to top