Hobi Makan? Ini Cara Mengatasi Hobi Makan Yang Berlebihan

Hobi Makan? Ini Cara Mengatasi Hobi Makan Yang Berlebihan



Dietkualami.com – Tidak dapat dipungkiri makan berlebihan atau hobi makan adalah salah satu alasan kenapa badan kia menjadi gemuk. Hobi makan nantinya akan membuat kita semakin kecanduan makan, ingin makan, makan, dan makan terus. Dan kecanduan makan ini merupakan salah satu hal yang sulit dhindari saat kita melakukan diet.

Hobi makan tanpa kita sadari akan datang dengan sendirinya, seperti disaat kita melihat makanan favorit kita, kita pun lupa akan masalah diet kita. Kecanduan makan ini datang karena makanan yang Anda konsumsi  memiliki rasa enak sehingga Anda pun ingin selalu memakannya. Jika Anda sedang melakukan diet, berikut adalah cara yang dapat Anda lalukan agar tidak kecanduan makan.

Cari Tahu  Cara Kerjanya

Sebenarnya otak kita mencari makanan saat kita sedang merasa lapar, dan juga dari lingkungan disekitar kita. Otak mencari makanan yang langsung bisa dapat diproses menjadi energi dan kemudian menyimpan energy tersebut sebagai lemak.

Jenis makan yang dibutuhkan tubuh sudah ada sejak lama seperti makanan alami yang mengandung gula dan benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan alami, maka akan membuat kita makan makanan sewajarnya sesuai dibutuhkan otak seperti kandungan nutrisi dan juga gula.

Keseimbangan Pikiran, Mulut dan Otot

Pikiran akan membuat Anda bisa menentukan keputusan yang bijaksana apa saja yang akan masuk ketubuh. Mulut berperan sebagai pengontrol makanan, dimana Anda harus memakan makanan yang natural agar produksi dopamine lebih natural.

Sedangkan otot akan membuat otak Anda terstimulasi menjadi lebih kuat dan lebih fokus, sehingga saat otak Anda sehat maka secara perlahan tubuh Anda juga akan sehat. Penelitian menunjukkan saat Anda rutin olahraga maka fikiran Anda akan lebih tenang dan juga lebih focus untuk hidup sehat.

Kendalikan Dopamine Anda

Dopamine merupakan sebuah neuroransmiter yang membantu mengontrol pusat kepuasan Anda dan kesenangan di otak. Dalam hal ini saat makanan natural brperang dengan makanan buatan pabrik, makanan yang terasa enak adalah buatan pabrik, maka secara tidak langsung otak akan mengeluarkan dopamine bahwa Anda merasa lebih puas memakan makanan buatan pabrik daripada makanan natural.

Ketika Anda memilih makanan yang enak maka level insulin akan naik dan akan membuat Anda ingin makan dan makan lagi. Seperti jika dalam keseharian Anda sering mengkonsumsi makanan hyperpalatables atau makanan pabrik semisal makanan berlemak, gurih, dan makanan ataupun minuman yang manis maka tubuh akan melepaskan dopamine dan insulin sehingga Anda akan hobi makan.

Untuk menghindari makanan berlebih atau kecanduan makan, maka sebaiknya Anda menjauhi makanan seperti gula, garam, karbohidrat dan gurih, lalu beralih ke makanan natural seperti sayuran, protein hewani dengan jumlah porsi secukupnya.

Kenali Kenapa Makan 1 Porsi Masih Kurang ?

Ketika Anda memakan makanan yang mengandung kadar gula tinggi , lemak dan garam dalam porsi yang besar, maka otak akan terus menerus mengeluarkan dopamine dalam jumah besar. Namun dopamine ini bukanlah menjadi masalah satu-satunya yang membuat Anda makan 1 porsi masihi kurang.


Disaat yang sama otak Anda akan dibajak untuk lebih memilih makanan yang tidak sehat dbanding makanan natural. Disinilah CEO otak Anda (PreFrontal Cortex = PFC) akan rusak dan tidak dapat diperbaiki. Seharusnya PFC berfungsi untuk menekan impulse syaraf untuk tetap bersih dan juga focus.


Untuk mengatasi kecanduan makanan seperti ini, Anda harus menjauhi makanan yang  tidak sehat seperti gula, lemak atau makanan gurih terlebih makanan buatan pabrik. Hal ini adalah salah satu cara untuk memulai mengendalikan kecanduan makanan dan bisa membuat Anda mulai diet dan berat badan Anda akan turun.


Scroll to top