Ini Dia Alasan Utama Mengapa Anda Susah Untuk Turun Berat Badan

Ini Dia Alasan Utama Mengapa Anda Susah Untuk Turun Berat Badan



"Saya sudah kurangi jatah makan, selalu makan makanan yang sehat-sehat, sering berolahraga. Saya sudah melakukan segalanya dengan benar, tapi kenapa berat badan masih susah turun juga????"

Mungkin itu pertanyaan yang sering anda pikirkan atau ajukan kepada konsultan diet anda, wajar, semua orang tidak ingin diet yang sedang dia jalani sia-sia bukan? tapi pikirkan baik-baik, kapan anda mempertanyakan hal tersebut? seminggu saat menjalankan diet atau setahun setelah diet??

Berikut saya coba sharingkan beberapa kemungkinan penyebab diet yang sedang anda lakukan tidak maksimal. Ini adalah Alasan Mengapa Anda Susah Untuk Turun Berat Badan;

1. Anda Masih Makan Terlalu Banyak Kalori
Inti dari diet adalah pengurangan jumlah kalori yang masuk ketubuh. Jika sedikit dari kebutuhan, maka berat badan akan turun begitu pula sebaliknya. Jadi, turun berat badan bukan seberapa banyak makanan yang anda makan, tapi seberapa besar kalori yang mampu anda pangkas.

Setiap kelebihan kalori yang masuk ketubuh anda akan dijadikan deposit lemak oleh tubuh sebagai cadangan energi, jika tidak digunakan (melalui olahraga atau aktivitas bakar lemak lain) maka akan berubah menjadi tumpukan lemak, akibatnya, berat badan akan terus naik.

Lalu berapa kebutuhan kalori harian anda? Anda bisa cek melaluk BMR Calculator, klik DISINI!

2. Tidak Serius Menjalankan
Ya, anda belum serius menjalankan program diet anda. Tandanya, anda tidak benar-benar memperhatikan poin nomor satu diatas. Anda masih mudah tergoda dengan makanan-makanan berkalori tinggi dan tidak bermanfaat bagi tubuh anda. Jika anda benar-benar serius, lakukan pengecekan kebutuhan kalori harian anda, lalu makanlah kurang dari jumlah tersebut.

3. Ini serius: ANDA MASIH MAKAN TERLALU BANYAK Kalori !

Alasan Anda tidak kehilangan berat badan karena Anda makan terlalu banyak kalori. Itu saja. Defisit kalori adalah salah satu syarat besar dalam menjalani diet sehat. Pastinya dengan tetap memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Untuk menghindari kalori berlebih anda bisa saja tidak makan seharian. Tapi itu bukan caranya, itu hanya akan berakibat buruk bagi kesehatan anda. Lakukan dengan cara yang benar, silahkan berkonsultasi dengan konsultan diet anda.

4. Terlalu banyak konsumsi karbohidrat 
Lagi-lagi tentang kalori, bukan karbohidratnya tapi kandungan kalori yang ada dalam karbohidrat tersebut. Anda mungkin menganggap makan 1 gorengan bukan masalah, coba perhatikan berapa kalori yang anda masukkan dari sepotong gorengan?? bisa 200 sampai 300 kalori. Kenyang dengan 1 gorengan? pastinya tidak....maka anda akan mengambil 1 gorengan lagi, lagi dan lagi...

5. Tidak paham untuk apa diet
Banyak orang menjalankan diet hanya sekedar ingin langsing saja. Akibatnya, setelah langsing didapat ia akan kembali mengkonsumsi makanan-makanan yang tadinya tidak dikonsumsi saat diet hingga akhirnya berat badan kembali naik, naik dan naik. Diet yang sebenarnya harus dijadikan sebagai lifestyle atau gaya hidup agar langsing yang didapatpun bertahan lama.

Pada sebagian lain malah ingin instan dalam diet, maka ketika tidak tercapai dalam waktu yang diinginkan, ia akan berhenti dan menyalahkan program yang dijalani. So, diet is lifestyle, bukan semata turun berat badan. Dengan memahami benar-benar untuk apa kita diet maka kita akan lebih bisa menjaga diri dari makanan yang tak bermanfaat bagi tubuh


Jika ada satu hal yang nyaris setiap ahli gizi dan diet profesional dapat menyetujui, itu adalah bahwa orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan hampir selalu meremehkan berapa banyak kalori yang mereka benar-benar makan. Ini terjadi sepanjang waktu, dan berbagai penelitian penurunan berat badan membuktikannya.

Okke...cukup ini saja sharingnya, intinya, perhatikan benar-benar kalori anda. Kurangi kalori bukan kurangi makan.


Scroll to top