Ini Dia Penyebab Setelah Diet Berat Badan Anda Kembali Melar

Ini Dia Penyebab Setelah Diet Berat Badan Anda Kembali Melar



Sudah bersusah payah diet tapi berat badan malah naik lagi. Banyak orang yang sukses melakukan diet, tapi tak berapa lama kemudian kiloannya bertambah. Pasti ada kesalahan yang Anda perbuat hingga menyebabkan semua itu. Apa saja? Berikut adalah Penyebab Setelah Diet Berat Badan Anda Kembali Melar, dikutip dari Health24. Ada beberapa hal yang membuat diet yang tadinya sukses tiba-tiba gagal total.

1. Diet dilakukan dengan drastis

Studi sudah membuktikan bahwa seseorang yang melakukan diet instan, cepat atau drastis akan mengalami kenaikan berat badan lagi dengan cepat. Hal ini dikarenakan tubuh belum bisa beradaptasi dengan keadaan yang sekarang. Mengurangi asupan secara drastis hanya akan menimbun nafsu makan dan suatu saat bisa meledak.

2. Mengurangi karbohidrat tapi makan snack

Anda kira dengan mengurangi karbohidrat saja sudah cukup? Asal tahu saja, karbohidrat hanya berkontribusi sebanyak 16 kilojoule untuk tubuh. Yang harus diwaspadai adalah makanan-makanan kecil (snack) yang banyak mengandung gula, protein dan minyak. Orang yang berhasil diet biasanya merasa aman-aman saja kalau makan sesuatu dengan porsi kecil, padahal siapa tahu dalam porsi kecil itu terdapat gula atau lemak yang tinggi.

3. Konsumsi obat atau minuman pelangsing

Bahan-bahan yang terdapat dalam produk pelangsing seperti Ephedra bisa sangat membahayakan tubuh. Meskipun dibilang dari bahan alami, tapi ternyata efeknya tidak baik untuk pencernaan dan ginjal karena memiliki sifat laksatif atau diuretik. Selain itu, jika Anda menggunakan produk-produk pelangsing untuk diet, risiko kecanduan pun bisa terjadi sehingga ketika Anda sudah tidak minumobat itu lagi berat badan menjadi bertambah lagi.

4. Depresi

Keadaan emosi yang tidak stabil bisa meningkatkan nafsu makan seseorang dan melupakan bagaimana susah payahnya Anda menurunkan berat badan sebelumnya. Depresi membuat hormon serotonin yang mengatur pencernaan makanan menjadi menurun sangat drastis (drop).

Hasilnya tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga, dan saat itu pula pikiran yang ada di otak adalah bagaimana caranya membangun tenaga untuk meningkatkan level serotonin. Akhirnya tubuh tergerak untuk lebih banyak makan karbohidrat, gula, kue dan cokelat.

5. Efek pengobatan

Banyak obat dan tindakan medis yang menyebabkan berat badan kembali bertambah diantaranya mengonsumsi pil hormon, orticosteroids, antidepressants and anxiolytics. Solusinya yaitu konsultasikan dengan dokter apakah ada obat lain yang bisa mengobati tanpa menambah berat badan dan jangan lupa olahraga agar badan tetap bergerak dan bisa membakar kalori lebih banyak jika berat badan kembali bertambah.

Itu Dia Penyebab Setelah Diet Berat Badan Anda Kembali Melar. Baca juga Kisah Obsesi Ingin Langsing Akhirnya Tersiksa Juga


Scroll to top