Tubuh Melar Setelah Melahirkan ? Yuk Simak Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Tubuh Melar Setelah Melahirkan ? Yuk Simak Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan



Pada umumnya, seorang wanita yang mengandung berat badannya akan bertambah dan setelah melahirkan berat badannya masih belum normal dan masih gemuk. Banyak wanita yang mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. 

Namun sebaiknya anda tidak menurunkan berat badan langsung sesaat setelah melahirkan, karena badan juga perlu menyesuaikan. Apalagi, ada si baby yang perlu gizi dari ASI anda. Sebaiknya lakukan diet seimbang setelah 2-3 bulan setelah melahirkan.

Baca juga: Jus Sehat Menyegarkan Untuk Diet Sehat Anda

Untuk memulai diet setelah melahirkan anda bisa memulai dari memilih makanan yang sehat untuk tubuh, terutama untuk buah dan sayur. Jangan melakukan diet ketat, namun lakukan diet yang sehat. Bagaimana caranya, simak tips berikut ini;

Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Sarapan di pagi hari menjadi hal penting untuk anda lakukan, makan makanan yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Pilih makanan yang banyak mengandung gizi dan protein yang tinggi, agar kebutuhan tubuh anda tetap terpenuhi.

Anda bisa memilih dari jenis makanan berikut ini, telur, jagung, oat melas, sereal, buah apel, beras merah, gandum, pisang, atau susu rendah lemak atau susu tanpa lemak.

Perbanyak makan buah dan sayur setidaknya sebanyak 5 porsi setiap hari. Buah memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh terutama untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh. 

Baca juga: Cara-cara Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

Di sela-sela waktu pagi dan siang sempatkanlah makan buah seperti anggur, papaya, jeruk, atau buah yang lainnya. Hal penting lagi yang perlu anda perhatikan adalah, ketika makan siang atau malam sebaiknya kurangi jumlah nasi dan perbanyaklah sayurnya. Baca juga: 7 Ide Sarapan Pagi Untuk Turun Berat Badan

Tetaplah Menyusui 

Setelah melahirkan, tentu anda tidak akan memikirkan diri anda sendiri. Untuk itu, anda harus tetap menyusui yang merupakan kewajiban bagi seorang ibu terhadap anaknya. Selain itu menyusui dapat membakar kalori 300-500 kalori yakni setara dengan senam zuma selama 1 jam.

Konsumsi Makanan Dengan Serat Tinggi

Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat tinggi. Ketika anda banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, maka pencernaan anda juga akan lancer. Dengan begitu, perut anda akan bekerja optimal dan pembuangan pun juga optimal. 

Dan untuk diet yang berhasil anda harus mengkonsumsi serat yang cukup setiap harinya, setidaknya 5 porsi dalam sehari. Baca: Tips Memenuhi Kebutuhan Serat Anda

Perhatikan Porsi Makan Anda

Dalam diet, anda juga harus memperhatikan porsi makan yang anda makan dan waktu makan anda. Sebaiknya anda mengurangi porsi makan, dan pilihlah makanan yang memiliki cukup nutrisi, sehingga ketika anda mengurangi porsi makan anda, anda tidak merasa loyo. 

diet melahirkan

Perhatikan Waktu Makan Anda

Waktu makan juga penting kamu tentukan, jangan asal makan, sebaiknya makan pada jam-jam efektif lambung bekerja. Dan ketika malam usahakan jangan makan yang berat, atau makan malam anda majukan lebih awal antara jam 17.00 atau jam 18.00. Dan sebaiknya anda mengkonsumsi makanan pengganti nasi, seperti jagung, kentang, sayuran, atau buah-buahan.

Baca juga: Cara Diet Alami dan Praktis Untuk Menurunkan Berat Badan

Cobalah Berolahgara Sesuai Kemampuan

Selain mengatur makanan yang kita makan, kita juga harus rutin olahraga agar lemak yang ada dalam tubuh terbakar, sehingga berat anda bisa turun. Olahraga pasca hamil tidak harus terlalu berat, anda bisa melakukan jalan pagi sambil menikmati hangatnya matahari sambil menggendong buah hati anda. Atau anda juga bisa olahraga di dalam rumah dengan cara mengangkat kaki ke atas dan menurunkannya yang diulang-ulang.

Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan seputar Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan, semoga dapat bermanfaat buat anda semua. Terima kasih.



Scroll to top