5 Makanan Berkalori Tinggi Tapi Sering Dikonsumsi, Apa Saja ?

5 Makanan Berkalori Tinggi Tapi Sering Dikonsumsi, Apa Saja ?



Makanan berkalori tinggi sering dianggap sebagai penyebab badan gemuk. Namun faktanya kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tubuh memerlukan makanan berkalori untuk menghasilkan energi supaya bisa melakukan aktifitas sehari-hari. Jika tubuh kita kekurangan kalori maka badan kita akan terasa lemas dan tidak bertenaga.

Bisa jadi makanan berkalori tinggi adalah penyebab kegemukan jika kalori yang masuk dalam tubuh berlebihan atau overload. Kalori yang dibutuhkan setiap tubuh berbeda, dikarenakan kondisi serta aktifitas setiap orang yang berbeda pula.

Setiap makanan tentunya juga memiliki kalori yang berbeda-beda, ada makanan berkalori tinggi dan ada makanan rendah kalori. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari kegemukan maka kita harus bisa mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita. Bagaimana caranya ? caranya dengan mengatur makanan apa saja yang masuk dalam tubuh dan berapa kalori yang ada pada makanan yang kita konsumsi.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai  5 makanan berkalori tinggi. Lima makanan berkalori tinggi berikut biasanya sering kita konsumsi, namun kita tidak menyadari kalau ternyata makanan tersebut mengandung kalori tinggi.

Keripik Kentang

Keripik adalah makanan ringan yang banyak di sukai orang sebagai camilan disaat santai. Di Indonesia sendiri terdapat banyak macam keripik salah satunya adalah keripik kentang. Tahukah Anda ternyata keripik kentang adalah salah satu makanan berkalori tinggi ? Beberapa keping keriping kentang dapat menghasilkan lebih dari 160 kalori. Penyebab keripik kentang menjadi makanan berkalori tinggi adalah proses masaknya yang digoreng sehingga membuat lemak semakin besar.

Dressing Salad

Sering kali salad disajikan dengan dressing, pada umumnya dreesing yang digunakan adalah Mayonaise. Mulai sekarang Anda wajib menghentikan pemakaian mayo saat menyantap salad, hal ini dikarenakan mayo terbuat dari susu sehingga membuatnya memiliki kadar kalori sangat tinggi. Saat Anda mengkonsumsi 100 gram dreesing salad maka tubuh Anda kemasukan 631 kalori.

Minyak Sayur

Minyak sayur memang didapat dari lemak nabati, dimana sering kali setiap masak pasti menggunakan minyak sayur. Minyak sayur juga tergolong sebagai makanan berkalori tinggi bahkan setiap 100 gram minyak sayur mengandung 884 kalori.

Minyak Hewani

Minyak hewani sudah pasti mengandung banyak kalori karena diperoleh dari lemak hewani. Setiap 100 gram minyak hewani mengandung 902 kalori. Namun tidak dapat dipungkiri sering kali kita menyantap makanan yang mengandung minyak hewani.

Makanan Cepat Saji

Saat ini banyak restoran yang menyediakan menu Junk food atau makanan cepat saji seperti burger, hotdog dan kentang goreng. Makanan cepat saji memang memiliki citarasa yang lezat, namun junk food sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain berbahaya bagi tubuh, junk food juga termasuk dalam makanan berkalori tinggi. Satu porsi burger ukuran besar mengandung 400 kalori. Masih mau mengkonsumsi makanan cepat saji ?

Jajanan Gorengan



Tidak perlu ditanya gorengan sudah menjadi salah satu makanan yang banyak di konsumsi terlebih di Indonesia. Rasanya yang gurih dan harganya yang murah membuat gorengan menjadi makanan favorit setiap orang saat bersantai maupun untuk menahan lapar. Meski sudah mengetahui bahaya mengkonsumsi jajanan gorengan tetap saja kebiasaan ngemil gorengan susah dihindari. Jajanan goresang menjadi salah satu makanan berkalori tinggi karena prosesnya yang digoreng membuat kandungan kalori semakin  besar.


Scroll to top