Gara-gara Cuma Makan Apel, Wanita Ini Kurus Kering

Gara-gara Cuma Makan Apel, Wanita Ini Kurus Kering



Makan sebutir apel setiap hari dijalani Beth Cowan demi memiliki tubuh yang kurus. Tak cuma itu, Beth juga rela berjam-jam berlari di atas treadmill. Berat badan Beth memang susut, tapi jadi terlalu kurus hingga tulang-tulangnya terlihat begitu menonjol. Menyadari betapa tidak sehat kondisinya, Beth pun berupaya melawan anoreksia yang diidapnya.

Beth memiliki berat badan 39,5 kg dengan tinggi 172,7 cm. Sementara itu indeks masa tubuhnya adalah 13,2, sehingga dia termasuk orang yang kekurangan berat badan. Mendapati anak gadisnya yang begitu kurus, tentu ibu Beth begitu sedih. Sang ibu kerap menangis sedih, sehingga Beth pun selalu memberikan janji untuk mengubah kebiasaan makannya yang tidak sehat pada esok hari. Namun janji itu seolah berat sekali untuk Beth tepati.

"Waktu itu saya 16 tahun dan duduk di bangku sekolah. Saya tidak tahu bagaimana mulanya, tidak ada penyebab yang spesifik. Saya hanya membatasi apa yang saya makan. Saya melakukan latihan di treadmill selama satu jam dan makan sebutir apel sehari," kata Beth.

Hingga suatu hari saat melihat dirinya di cermin, Beth baru menyadari tubuhnya begitu kurus. Apalagi orang-orang mengatakan bahwa kondisinya yang seperti itu bisa membuat Beth sekarat. Karena itu, dia akhirnya pergi ke dokter.

"Penyakit ini mengambil apa yang ada pada diri saya. Saya perlu memegang kembali kontrol karena sebelumnya segala hal sepertinya terlepas dari kontrol diri saya sendiri," lanjut Beth.

Karena kondisi kesehatan Beth begitu serius, maka dia tidak lagi bisa masuk sekolah. Alhasil dia harus mendapat pendidikan di rumah. Untunglah Beth bisa meraih nilai-nilai yang memuaskan, sehingga dirinya bisa terus memupuk asa untuk menjadi seorang guru.


Beth juga rutin mengunjungi spesialis masalah gangguan makan yang kemudian membantunya untuk kembali menjalani kehidupan normal. Perlahan-lahan Beth mulai mengubah kebiasaan makannya yang tidak sehat. Tidak mudah memang, tapi Beth membuktikan bahwa niat dan tekadnya yang kuat bisa membuat perubahan.

Baca juga: Akibat Diet Ekstrem, Wanita Ini Menderita Anoreksia

Saat ini, di usia 19 tahun, Beth merasa jauh lebih baik. Berat badannya sudah bertambah hingga mencapai 51,7 kg, namun dirinya masih berusaha untuk menambah berat badan hingga lebih ideal.

"Dulu saya memang pengidap anoreksia dan bulimia. Saya ingin gadis-gadis di luar sana tahu bahwa ini bukan sesuatu yang tidak mungkin untuk dilawan. Selalu ada jalan keluar. Memang tidak bisa terwujud dalam satu malam, tapi Anda bisa mengontrolnya," imbuh Beth.

Gadis asal Chester-le-Street, County Durham, ini kini tengah berkompetisi dalam Miss British Empire 2015. Beth berharap dengan ambil bagian dalam kontes kecantikan, dia bisa berbagi kisah melawan gangguan makan yang diidapnya, sehingga orang-orang yang memiliki masalah yang sama bisa mendapatkan inspirasi untuk berjuang melawan kondisi itu.

Sumber: DetikHealth


Scroll to top