Apa Dan Bagaimana Menghitung Kalori?

Apa Dan Bagaimana Menghitung Kalori?



Kalori adalah sebuah satuan untuk menghitung jumlah energi. Setiap makanan maupun minuman juga memiliki kalori. Dalam tubuh manusia juga diperlukan kalori untuk aktivitas sehari-hari. Namun jika kita kelebihan kalori juga akan mengakibatkan penumpukan kalori yang berlebihan sehingga akan diubah menjadi energi cadangan berupa lemak.

Untuk mengetahui kebutuhan kalori di dalam tubuh manusia, maka dikenal istilah BMR (Basal Met-abolic Rate). BMR atau angka kebutuhan metabolisme merupakan level energi minimum dalam satuan kalori yang dibutuhkan tubuh pada saat istirahat agar berfungsi efektif.

Analisa BMR digunakan untuk mengetahui seberapa besar asupan yang harus kita konsumsi agar program diet dapat diprediksi asupan kalori hariannya. BMR dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, dan massa otot.

Prinsip dasar memiliki tubuh yang ideal adalah Kalori Masuk = Kalori Keluar. Sebaiknya asupan kalori seimbang dengan pengeluaran kalori. Jika kalori yang masuk lebih besar dari kalori yang digunakan, akan memicu kegemukan.

Bagaimana Menghitung Kalori?
Untuk menghitung BMR, dapat menggunakan timbangan Tanita atau dengan menggunakan learn estimator yang dikembangkang oleh dr. David Herber yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi member Herbalife International. Atau secara online Anda bisa cek disini: Cek Kadar Lemak dan BMR.

INGAT! Kalori yang MASUK harus seimbang dengan kalori yang KELUAR. Untuk program turun berat badan maka Anda harus memangkas kebutuhan kalori dari BMR Anda.


Scroll to top