Air Es Bikin Gemuk???

Air Es Bikin Gemuk???




Air es terkadang menghadirkan kesejukan sendiri bagi yang meneguknya, hingga muncul statement bahwa minum air es akan membuat orang makin gemuk dan bertambah buncit. Benarkah? Banyak orang beranggapan bahwa kandungan lemak dan minyak dari makanan akan menggumpal menjadi lemak beku, jika kita minum air es selesai makan. Benarkah?


Faktanya, minum air dingin justru membakar kalori. Saya sendiri dulunya bisa turun 12 kg juga karena sering konsumsi air dingin. Karena air dingin yang masuk ketubuh, maka tubuh kita menghangatkan air dingin itu terlebih dahulu sebelum bisa dicerna dalam tubuh. Untuk menghangatkan air itu, tubuh membutuhkan kalori lagi untuk dibakar. Makanya, jumlah kalori yang dibakar pun lebih banyak daripada kalau kita minum air hangat atau air biasa.

Yang jadi masalah adalah ketika air dingin tersebut dicampur dengan gula, sirup atau zat lainnya. Sifat dari air adalah NOL kalori, jadi diminum sebanyak apapun tidak akan membuat gemuk kecuali dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Air es sendiri asalnya adalah dari air biasa yang mengalami pendinginan, jadi kalorinya tetap NOL.

Sedangkan meminum air dingin setelah makan tidak akan menjadikan makanan menggumpal jadi lemak beku karena suhu tubuh manusia berbeda dengan kulkas yang katanya bisa membekukan lemak. Hal ini bisa langsung kita praktekkan, silahkan Anda coba minum air dingin beberapa gelas, selang beberapa waktu kemudian Anda akan buang air kecil, air yang kita buang pastinya tidak dingin betul? ianya tetap hangat bukan?.

So, mengkonsumsi air dingin bukan masalah bagi Anda yang sedang menjalankan program Diet Sehat, yang jadi masalah adalah ketika air dingin tersebut dicampur dengan bahan lain yang berkalori tinggi. Sudah minum air es hari ini???

Scroll to top