Cara Cerdas Turunkan Berat Badan Selama Puasa Ramadhan, Simak Informasi Lengkapnya Berikut Ini !

Cara Cerdas Turunkan Berat Badan Selama Puasa Ramadhan, Simak Informasi Lengkapnya Berikut Ini !



Cara Cerdas Turunkan Berat Badan Selama Puasa Ramadhan, | Moment puasa merupakan moment yang membahagiakan, karena selama puasa khususnya saat berbuka puasa banyak tersaji hidangan manis dan nikmat untuk berbuka puasa. Makanan dan minuman demikian tentu akan menambah berat badan anda. Dan kadang kebanyakan orang mau diet di bulan puasa justru nggk bisa, malah makin melar.

Namun bagi anda, yang cerdas dalam melakukan diet selama bulan puasa kemungkinan juga akan berhasil. Tapi yang terpenting puasa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya menenangkan hati dan fikiran, meningkatkan kadar lemak darah, membakar lemak, menurunkan berat badan,meningkatkan kadar lemak darah.

Baca juga: Diet Detox, Melangsingkan Dalam Waktu Singkat

Dan agar puasa anda efektif sekaligus dapat menurunkan berat badan anda ketika puasa, simak aja informasi tips menurunkan berat badan saat puasa berikut ini.

Hidrasi

Hidrasi adalah kecukupan cairan dalam tubuh. Setidaknya anda harus mengatur minum anda di malam hari, misalnya 2, 4, 2 yakni 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas ketika sahur atau lebih.

Berbuka Dengan Makanan Yang Sehat

Berbuka puasa menjadi hal yang dinantikan bagi orang yang berpuasa, namun demikian anda juga harus menjaga makanan yang anda makan. Berbukalah dengan makanan yang sehat, agar metabolisme tubuh anda tetap terjaga. [Baca: Program Diet Sehat Selama Bulan Ramadhan]

Ini beberapa contoh menu berbuka puasa yaitu minum 2 gelas air putih, 1 biji kurma, sup sayuran, salah buah dan sayur, nasi merah dan ayam bakar. Ketika mengkonsumsi makanan tersebut sebaiknya anda beri jeda, agar perut anda tidak kewalahan menampung banyak makanan tersebut.

Jangan Malas Makan Sahur

Banyak orang yang berpuasa kadang malas makan sahur, karena memang ketika harus bangun malam kemudian makan, apalagi makannya tidak panas membuat malas, dan tidak ada nafsu makan. Namun demikian anda harus memaksakan diri anda untuk makan sahur. Dengan makan sahur, stamina dan rasa lapar anda tidak akan parah, dengan begitu, ketika buka puasa anda bisa buka secara normal tanpa berlebihan.

Dan jangan lupa, konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks serta protein. Dan ini dia contoh menu yang bisa anda makan ketika sahur, 2 gelas air putih, buah apel/pir/anggur, nasi merah dan telur, sayur bayam atau brokoli. 

Jangan lupa kurangi makanan yang banyak mengandung garam, karena garam akan menimbulkan rasa haus apalagi di siang hari ketika anda puasa. Ingin lebih simple? Yuk ikut program diet sehat selama ramadhan di: Program Diet Sehat Selama Bulan Ramadhan

Olahraga

Olahraga penting anda lakukan, jangan berfikir bahwa ketika puasa anda tidak butuh olahraga. Tetaplah semangat bergerak, karena ketika perut anda dalam kondisi kosong justru akan mempermudah pembakaran lemak. Lakukan olahraga yang tidak terlalu berat, yang ringan saja yang penting anda senang, seperti badminton, bersepeda dipagi hari jalan kaki disore hari bersama teman atau pasangan anda sambil menunggu saat-saat berbuka dan lain sebagainya.

Kurangi Konsumsi Makanan Saat Berbuka

Cara Cerdas Turunkan Berat Badan Selama Puasa Ramadhan

Berbuka puasa identik dengan minuman yang manis, dan sebaiknya anda menghindari dari banyak mengkonsumsi gula, atau anda bisa mengganti rasa manis dari gula dengan yang lebih sehat, seperti gula rendah kalori, madu, kurma, atau yang lainnya. Lebih baiknya, cukup konsumsi 3 atau 4 kurma dan segelas air putih, kemudian shalat magrib.

Setelah shalat magrib baru lanjutkan dengan mengkonsumsi makanan besar seperti nasi atau makanan kesukaan anda lainnya.

Upayakan tidak berlebihan karena akan membuat Anda malas melaksanakan shalat Isya/Tarawih di masjid. Pengalaman pribadi saya, sudah 5 tahun berpuasa dengan mengikuti Program Diet Sehat Selama Bulan Ramadhan. Puasa dan ibadah lainnya terasa sangat nyaman karna tidak sibuk memikirkan makanan.

Itu tadi informasi yang bisa saya sampaikan seputar cara cerdas menurunkan berat badan selama puasa. Semoga bermanfaat, terima kasih.


Scroll to top