Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah Pepaya, Berikut Kandungan Kalori Buah Pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di Indonesia, bahkan pertumbuhannya pun cepat berkembang. Buah pepaya ini juga banyak dijumpai di pekarangan warga, mereka biasanya tumbuh dengan sendirinya atau pun sengaja ditanam untuk dibuah masakah ketika buah pepaya masih mentah atau sebagai buah yang manis ketika buah pepaya sudah matang. 

Begitu banyaknya tumbuhan buah pepaya, membuat harganya murah, namun buah pepaya ini banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh. Informasi selengkanya yuk baca tentang kalori buah pepaya beserta manfaatnya.

Dalam 1 ons buah pepaya matang mengandung kalori buah pepaya sebesar 11 kalori yang terdiri dari 3% lemak, 91% karbohidrat , dan 6% protein. Kalori buah pepaya yang rendah ini cocok sebagai pelengkap dalam program diet. Untuk buah pepaya seberat 100 gram mengandung kalori buah pepaya sebesar 39 kalori. 

Baca juga: Kalori Nasi Padang

Untuk buah pepaya sebanyak 1 mangkok potong dadu dan 1 mangkok ditumbuk, masing-masing mengandung kalori buah pepaya sebesar 55 kalori dan 90 kalori. Sedangkan untuk pepaya berukuran kecil (pangjang 11 cm, dan diameter 7 cm) mengandung kalori buah pepaya sebanyak 59 kalori. Pepaya berukuran sedang yakni 13 cm x 7,5 cm mengandung kalori buah pepaya sebanyak 119 kaloi. Dan untuk pepaya yang berukuran besar 14,5 cm x 8 cm memiliki kandungan kalori buah pepaya sebesar 148 kalori.

Itu tadi rincian kalori buah pepaya dari berbagai ukuran, selain kalori buah pepaya yang rendah, buah pepaya juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Pepaya bermanfaat menambah sistem imun tubuh manusia karena buah pepaya mengandung vitamin A dan C. Buah pepaya mengandung enzim anti inflamasi yang bermanfaat untuk penderita arthritis, osteoporosis, edama, dan kanker. Buah pepaya juga baik dikonsumsi dalam rangka menjaga kesehatan tulang karena buah pepaya mengandung vitamin K.

Manfaat buah pepaya juga bisa dirasakan oleh penderita diabetes, karena buah pepaya ini baik untuk penderita diabetes dengan kandungan 4,7 gram serat dalam 1 buah pepaya. Selain itu, buah pepaya juga baik untuk kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan jantung karena pepaya juga mengandung zat kalium. Buah pepaya juga baik mencegah degenerasi macula karena dalam buah pepaya terdapat senyawa eaxanthin antioksidan yang dapat menyaring sinar biru berbahaya yang masuk ke mata.

Baca juga: Ini Dia Daftar Produk Berbahaya Untuk Diet Anda

Selain kalori buah pepaya yang rendah dan manfaat buah pepaya untuk kesehatan, buah pepaya juga bermanfaat untuk kecantikan. Buah pepaya yang difermentasikan dapat membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan membantu menyegarkan serta mencerahkan kulit. 

Buah pepaya juga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dengan membuka pori-pori yang tersumbat. Pepaya muda menghasilkan enzim yang mampu merangsang pertumbuhan payudara. 

Penelitian menunjukkan kandungan vitamin A pada pepaya muda mampu memberi rangsangan indung telur untuk memproduksi hormone kewanitaan sehingga kelenjar dan oto-otot yang ada di sekitar payudara menjadi kencang.



Kalori buah pepaya yang rendah, melimpahnya manfaat bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan tubuh, tidak menghindarkan resiko buah pepaya ketika dikonsumsi secara berlebih. 

Orang yang alergi dengan bahan lateks, kemungkinan juga akan alergi terhadap buah pepaya, karena pepaya mengandung chitanases. Jadi, jika anda mengkonsumsi buah pepaya pastikan anda tidak alergi dengan bahan lateks ya. Semoga bermanfaat. Baca juga: 11 Makanan Berlemak Tinggi Disekitar Kita


Posting Komentar untuk "Buah Pepaya, Berikut Kandungan Kalori Buah Pepaya "